advertorial

TIPS KESEHATAN Sering Nyeri Leher? Atasi dengan Cara Ini

lustrasi nyeri leher (spectrumrehab.net)lustrasi nyeri leher (spectrumrehab.net)

Madiunpos.com, SOLO – Duduk dalam waktu lama dengan posisi tubuh yang tidak tepat, tidur di tempat yang salah serta kesalahan dalam berolahraga dapat menyebabkan sakit di bagian leher. Sakit leher yang parah dapat mengakibatkan rasa kaku dan pembengkakan di sekitar leher yang akan mengganggu kegiatan Anda sehari-hari.

Berikut beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi nyeri di bagian leher sebagaimana dikutip Healthmeup, Jumat (1/8/2014):

Kompres Air Hangat
Ambilah handuk yang telah dibasahi dengan air panas, lalu terapkan di bagian leher Anda untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi rasa kaku otot di bagian leher. Gunakan air panas sekuat yang Anda bisa rasakan, jangan terlalu berkebihan, karena justru dapat memperburuk rasa sakit.

Mandi Air Hangat
Mandi di bawah shower air hangat akan membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri di bagian leher. Fokuskan air hangat hanya pada leher Anda selama tiga hingga empat menit. Gantilah dengan air dingin selama 30 hingga 60 detik. Ulangi hal ini sampai Anda benar-benar merasa lega. Air panas akan meningkatkan sirkulasi dan air dingin dapat mengurangi peradangan sehingga dapat mengurangi nyeri leher.

Kompres Es
Menerapkan kompres es di leher Anda akan membantu mengurangi peradangan. Caranya, aplikasikan beberapa es yang telah dihancurkan dengan menggunakan handuk, lalu terapkan selama 15 menit di leher yang sakit. Ulangi dua sampai tiga kalo sehari. Perlu diingat untuk tidak meletakkan es langsung mengenai leher Anda.

Garam Inggris
Berbeda dengan garam meja yang mengandung natrium klorida, garam Inggris mengandung magnesium sulfat. Garam epsom atau garam Inggris sangat efektif untuk mengurangi ketegangan otot dan mengurangi rasa sakit. Kandungan asam sulfat dan magnesium pada garam epson dapat bertindak sebagai relaksan alami. Tambahkan garam Epsom dua cangkir atau untuk menghangatkan air dan rendam tubuh Anda, terutama daerah leher Anda di dalamnya selama 20 menit. Lanjutkan cara ini sampai sakit berkurang.

 

Iklan Baris

    No items.