advertorial

WISATA SEMARANG Air di Sendang Ini Dipercaya Bikin Awet Muda…

Wisatawan mencoba manfaat air dari Sendang Kali Gondang di Desa Jembrak, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang yang dipercaya bisa memberikan khasiat awet muda. (Semarangpos.com/JIBI/Imam Yuda Saputra)Wisatawan mencoba manfaat air dari Sendang Kali Gondang di Desa Jembrak, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang yang dipercaya bisa memberikan khasiat awet muda. (Semarangpos.com/JIBI/Imam Yuda Saputra)

Wisata Semarang, diperkaya dengan daya tarik sebuah sendang di Desa Wisata Jembrak, Pabelan, Kabupaten Semarang yang konon airnya bisa membikin awet muda.

Wisatawan mencoba manfaat air dari Sendang Kali Gondang di Desa Jembrak, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang yang dipercaya bisa memberikan khasiat awet muda. (Semarangpos.com/JIBI/Imam Yuda Saputra)

Wisatawan mencoba manfaat air dari Sendang Kali Gondang di Desa Jembrak, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang yang dipercaya bisa memberikan khasiat awet muda. (Semarangpos.com/JIBI/Imam Yuda Saputra)

Madiunpos.com, SEMARANG – Kabupaten Semarang selama ini memang terkenal kaya akan potensi wisata alamnya. Berbagai objek wisata alam terdapat di wilayah yang akrab dijuluki Bumi Serasi ini, seperti Danau Rawa Pening, Candi Gedong Songo, hingga Umbul Sidomukti yang terletak di lereng Gunung Ungaran.

Selain objek wisata yang sudah tersohor itu, di Kabupaten Semarang ternyata ada beberapa tempat wisata yang cukup potensial, tapi saat ini belum cukup tergarap. Salah satunya adalah Sendang Kali Gondang, yang terletak di Desa Wisata Jembrak, Kecamatan Pabelan. Sendang yang berasal dari mata air Bukit Gondang ini airnya sangat jernih dan tak pernah surut meski musim kemarau. Bahkan, menurut pengakuan warga sekitar air di sendang itu memiliki kekuatan magis.

Kepala Desa Jembrak, Suharto, membenarkan jika air sendang di desanya itu dipercaya sebagian orang memiliki berbagai khasiat. Mulai dari bisa menyembuhkan orang yang kesurupan roh halus hingga  memberikan khasiat awet muda. “Dulu pernah ada yang kesurupan, yakni salah satu kuli bangunan di kawasan itu, sekitar tiga bulan lalu [Februari 2016]. Setelah cuci muka dengan air dari sendang itu, dia langsung sembuh,” ujar Suharto saat berbincang dengan Semarangpos.com di Kantor Desa Jembrak, beberapa waktu lalu.

Oleh karena dipercaya memiliki banyak khasiat, Suharto mengaku, banyak orang yang secara rutin berkunjung di sendang itu. Kebanyakan dari mereka berkunjung pada waktu malam Selasa Kliwon atau malam Jumat Kliwon untuk melakukan acara ritual. “Saya pribadi enggak tahu ritualnya untuk apa. Tapi, di waktu-waktu tertentu memang banyak orang yang berkunjung untuk ngalap berkah. Bahkan saat bulan puasa seperti saat ini,” imbuh Suharto.

Meski banyak dikunjungi orang, kondisi sendang itu saat ini masih cukup sederhana. Oleh karena itu, pihak aparat desa pun berencana mengembangkan sendang itu sebagai wisata air. “Rencana kami sendang ini nantinya akan kami kembangkan menjadi wisata air. Kami akan buat kolam di sekitar sendang ini, termasuk wahana permainannya seperti waterboom. Saat ini proses pembangunan sudah berjalan dan semoga akhir tahun nanti sudah selesai,” ujar Suharto.

Suharto mengaku untuk membangun wisata air di area Bukit Gondang seluas 4 hektare itu pihaknya membutuhkan dana sekitar Rp200 juta. Dana itu akan diambilkan dari swadaya masyarakat dan juga dari angaran dana desa (ADD) 2016. “Selain wisata air di kawasan itu juga akan kami bangun bumi perkemahan. Toh, dengan adanya objek wisata itu juga akan meningkatkan perekonomian warga desa kami,” imbuh Suharto.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Iklan Baris

    No items.