advertorial

Sambut Tahun Baru 2017, Begini Imbauan Mendagri

Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo (JIBI/Solopos/Dok)Tjahjo Kumolo (JIBI/Solopos/Dok)

Tahun Baru 2017 segera tiba.

Madiunpos.com, JAKARTA — Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengingatkan pemerintah daerah untuk meningkatkan koordinasi dengan aparat keamanan, dan tokoh masyarakat, agar dapat mengantisipasi gangguan selama perayaan malam pergantian tahun 2016 ke 2017.

Mendagri mengatakan koordinasi dengan aparat keamanan dan tokoh masyarakat merupakan salah satu bentuk deteksi dini situasi di tengah masyarakat. Dengan begitu, pemerintah daerah akan mengetahui perkembangan situasi yang benar-benar terjadi di tengah masyarakat.

“Koordinasi kepala daerah terpadu dengan Polri, TNI, BIN, Kejaksaan, dan berkomunikasi bersama tokoh masyarakat, agama, serta adat secara rutin, untuk memastikan situasi aman,” kata dia, Jumat (30/12/2016).

Tjahjo menuturkan masyarakat juga harus ikut serta dalam mengamankan wilayah, dengan segera melaporkan hal mencurigakan kepada petugas kepolisian.

Menurut Mendagri, terjaganya situasi keamanan pada perayaan Natal 2016 merupakan salah satu bentuk keberhasilan deteksi dini yang dilakukan oleh seluruh pemangku kepentingan.

“Deteksi dini oleh aparat keamanan selalu dilakukan. Komitmen kepala daerah juga sangat tinggi dalam menciptakan stabilitas di wilayahnya,” ujar dia.

Tjahjo juga menyebut deteksi dini sebenarnya dapat menjaga stabilitas politik di daerah, sehingga diperlukan keterlibatan masyarakat dalam mencermati perkembangan situasi di tengah masyarakat.

Iklan Baris

    No items.