advertorial

Sirkuit F1 di Hungaria Ingin Jajal Motogp

GP Hungaria (Rojadirecta)GP Hungaria (Rojadirecta)

Sirkuit Hungaroring ingin jadi tuan rumah Motogp.

Madiunpos.com, BUDAPEST — Di saat Formula 1 (F1) mulai ditinggalkan, Motogp masih menjadi bunga yang harum bagi negara penyelenggara balapan. Ajang kuda besi itu bahkan baru saja ketambahan satu peminat yakni Hungaria.

Negara yang memiliki Sirkuit Hungaroring itu berencana menjadi tuan rumah Moto GP tahun 2018. Demi mewujudkan ambisi itu, pengelola sirkuit siap melakukan renovasi besar-besaran.

Hungaroring yang dibuka sejak 1986 selama ini lebih dikenal sebagai sirkuit pelaksana F1. Sirkuit itu pun telah masuk kalender F1 hingga tahun 2026. Namun persaingan Motogp yang kian sengit membuat Hungaria giliran kepincut menggelar ajang tersebut.

Renovasi untuk mendukung misi itu pun mulai dilaksanakan tahun lalu. Hungaroring kali pertama diaspal ulang sejak dibangun pada 1985 serta diberi kerb karu. Tahun ini, modernisasi sirkuit akan dibagi menjadi tiga tahap termasuk modifikasi beberapa tikungan, pembangunan bangunan pit utama dan grand stand baru.

Renovasi juga mencakup pembangunan museum, pusat pengunjung dan fasilitas penunjang lainnya. Sejumlah perubahan itu dilakukan agar sirkuit memenuhi standar Motogp seperti ketentuan Federasi Balap Motor Internasional (FIM).

“Selama konstruksi, kami akan melakukan pembicaraan dengan FIM agar trek memenuhi syarat untuk balap Moto GP,” ujar CEO Hungaroring, Zsolt Gyulay, kepada TV Hungaria, M1, seperti dilansir Motorsport,  Minggu (8/1/2017).

Gyulay menilai semua pihak termasuk Pemerintah Hungaria harus terlibat untuk merealisasikan rencana tersebut. Balapan Motogp sempat direncanakan untuk digelar di Hongaria pada 2009, tepatnya di Balatonring. Namun, rencana itu terkendala masalah finansial dan Balatonring tak pernah selesai dibangun.

“Pemerintah Hungaria harus berada dalam dewan, dan kami percaya mereka ada,” imbuhnya.

Disinggung masa depan F1 di Hungaroring pascaketertarikan pada Motogp, Gyulay memastikan aman. Dia mengatakan kesepakatan memerpanjang kontrak di F1 hingga 2026 tahun lalu telah memertimbangkan segi financial dan perubahan kepemimpinan dalam F1. Diketahui Liberty Media berencana membeli ajang balap jet darat.

“Kontrak ditandatangani pada kondisi yang menguntungkan. Karena kami memerpanjang kontrak sampai 2026, biaya untuk menjadi tuan rumah tidak tinggi.”

Selain menggelar F1, trek Hungaroring menjadi tuan rumah WTCC, DTM, Blancpain GT dan balap Truk Eropa pada musim lalu. Sementara ajang Ferrari Challenge direncanakan masuk kalender pada 2017.

Iklan Baris

    No items.