4 Santri Temboro Asal Madiun Positif Corona Dalam Rapid Test

Empat dari 15 santri Ponpes Temboro Magetan positif Covid-19 dari hasil rapid test.

4 Santri Temboro Asal Madiun Positif Corona Dalam Rapid Test Ilustrasi virus corona atau Covid-19. (chu-lille.fr)

    Madiunpos.com, MADIUN — Belasan santri Pondok Pesantren Al Fatah Temboro, Magetan, yang berasal dari Kabupaten Madiun yang pulang kampung telah menjalani rapid test. Hasilnya, ada empat santri yang dinyatakan positif atau hasil tesnya reaktif.

    Ponpes Temboro di Kecamatan Karas, Magetan, saat ini menjadi salah satu klaster dalam penyebaran virus corona. Kewaspadaan dilakukan terhadap para santri Temboro yang pulang ke kampung halamannya.

    Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Madiun, Mashudi, mengatakan sejauh ini baru ada 15 santri yang terdata dan menjalani rapid test. Dari 15 santri itu, empat orang di antaranya reaktif atau positif dalam tes cepat itu.

    Bupati Ponorogo Minta Pemkab Magetan Lockdown Ponpes Temboro

    “Sebagian besar diperiksa di Puskesmas Mejayan. Di Mejayan ada dua yang hasilnya reaktif dan di RSUD Dolopo ada dua santri yang hasilnya reaktif,” jelas dia, Jumat (24/4/2020).

    Namun, hasil rapid test itu masih perlu dibuktikan dengan menggunakan tes swab. Informasinya, Jumat ini empat santri tersebut akan menjalani tes swab di RSUD Caruban. Tes swab ini untuk membuktikan empat orang santri itu benar terinfeksi Covid-19 atau tidak.

    Belasan santri yang datang dari Temboro itu dikategorikan sebagai orang tanpa gejala (OTG) karena mempunyai riwayat tinggal di Ponpes Temboro. Meskipun demikian, perlu dilakukan pemeriksaan melalui tes swab. Untuk saat ini, empat santri yang hasil rapid test-nya positif menjalani isolasi di rumah sakit.

    Mau Jadi Tempat Isolasi Pemudik, Ini Sejarah Kelam Rumah Tahanan Militer Madiun

    Satgas Penanganan Covid-19 Madiun, kata Hudi, masih mendata dan menginventarisasi santri Madiun yang masih di Ponpes Temboro. “Kami sejak kemarin masih melakukan pendataan tentang santri Temboro dari Madiun. Soalnya santri di Temboro kan puluhan ribu orang. Jadi untuk saat ini masih dilakukan pendataan,” jelas dia.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.