Ponsel Anda Lemot? Jangan-Jangan Karena Aplikasi Ini

Sejumlah aplikasi yang justru membuat kinerj ponsel menjadi lambat.

Ponsel Anda Lemot? Jangan-Jangan Karena Aplikasi Ini Ilustrasi. (techbooky)

    Madiunpos.com, MADIUN — Pernahkan Anda merasa semakin lama ponsel Anda semakin lemot? Untuk membuka satu aplikasi ke aplikasi lain membutuhkan waktu lama yang kadang membuat emosi.

    Eeittss…Tapi, jangan langsung banting dulu ponsel Anda atau buru-buru membeli ponsel baru. Akan lebih baik jika kita lebih dulu mengetahui penyebabnya.

    Seperti dikutip dari inews.id, banyak penyebab mengapa performa ponsel Anda turun. Salah satunya adalah aplikasi yang Anda instal di ponsel Anda. Pasalnya, yang tidak hanya menghabiskan ruang penyimpanan, tetapi juga dapat memengaruhi kinerja dan masa pakai baterai ponsel Anda.

    Asyiik! Layanan Video Conference di Google Meet Bakal Gratis

    Jika Anda mengunduh aplikasi-aplikasi tersebut, sebaiknya di-uninstall alias dicopot. Apa saja aplikasi yang bikin ponsel kita jadi berat? Mari simak informasinya seperti dirangkum dari Android Pit, Minggu (3/5/2020) .

    Aplikasi penghemat RAM

    Aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat memakan RAM Anda dan menggunakan masa pakai baterai, meskipun sedang dalam keadaan siaga. Salah satunya adalah aplikasi-aplikasi penghemat RAM yang tidak sesuai dengan namanya. Padahal, sistem operasi Android mengelola penggunaan RAM secara otomatis dan tahu kapan menjalankan aplikasi atau tidak, jadi aplikasi pihak ketiga tidak diperlukan.

    Bosan #dirumahaja? Coba Mainkan Google Doodle Kuy

    Clean Master

    Aplikasi pembersih seperti Clean Master biasanya mengklaim dapat membersihkan ponsel Anda untuk meningkatkan kinerja. Meskipun benar bahwa aplikasi yang dihapus terkadang meninggalkan beberapa data yang di-cache, tetapi Anda tidak perlu mengunduh aplikasi khusus.

    Clean Master dan aplikasi serupa seringkali membutuhkan banyak daya baterai, dan iklan dalam aplikasi, sehingga menguras penyimpanan Anda.

    Facebook

    Facebook biasanya langsung tersedia di ponsel Anda secara otomatis. Padahal, aplikasi ini tidak dibutuhkan banyak orang dan bahkan boros penyimpanan karena kapasitas aplikasi yang cukup besar. Aplikasi Facebook untuk Android telah menjadi mengerikan dalam beberapa tahun terakhir. Konsumsi memori tinggi, tetap aktif di latar belakang, meminta izin, dan yang terburuk dari semuanya, mengonsumsi data seluler. Jika Anda mengelola media sosial Facebook, lebih baik download versi lite yang jauh lebih ringan atau buka melalui browser.

    Hore! Whatsapp Kini Bisa Lakukan Panggilan Video Delapan Orang Sekaligus

    Bloatware pabrikan

    Banyak ponsel memiliki banyak aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya. Baik itu aplikasi untuk pemesanan hotel, game, atau aplikasi kantor yang sebenarnya tidak digunakan dan menghabiskan memori penyimpanan Anda. Oleh sebab itu, sebaiknya dihapus atau dinonaktifkan.

    Aplikasi penghemat baterai

    Mirip dengan penguat RAM, aplikasi penghemat baterai sering kali menjadi sampah. Aplikasi ini menawarkan solusi tetapi pada akhirnya malah menimbulkan masalah baru. Jadi, untuk benar-benar meningkatkan masa pakai baterai, Anda harus mengurangi permintaan energi dari sistem operasi, layanan dan aplikasi yang berjalan. Hapus aplikasi penghemat baterai seperti ini.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.