Ingin Masuk Universitas Brawijaya Malang? Baca Ini

Universita Brawijaya Malang mengurangi kuota mahasiswa baru tahun ini sebanyak 300 orang.

Ingin Masuk Universitas Brawijaya Malang? Baca Ini Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Universitas Brawijaya Aulanni'am saat bincang santai dengan media di kampus setempat, Kamis (27/2.2020). (Antara)

    Madiunpos.com, MALANG — Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang pada mengurangi kuota penerimaan mahasiswa baru pada tahun ini. Kuota mahasiswa baru kini berukuran 300 menjadi 14.300 orang atau turun 9% dari pada tahun lalu yang mencapai 14.600.

    “Namun, kami juga masih akan melihat jumlah riilnya berapa, karena akan berurutan setelah diketahui jumlah yang tidak mendaftar ulang pada jalur SNMPTN [Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri] dan SBMPTN [Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri]. Jumlahnya akan dikembalikan di seleksi mandiri Universitas Brawijaya [SMUB] seperti tahun lalu,” kata Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Unibraw Malang, Aulanni’am, di Malang, Jawa Timur, Jumat (28/2), melansir Antara.

    Kuota penerimaan untuk jalur SNMPTN (jalur undangan) 30% atau 4.300 orang. SNMPTN merupakan seleksi masuk perguruan tinggi melalui prestasi akademik selama di SMA dan sederajat. Di Unibraw, beberapa program studi (prodi) masih mensyaratkan adanya tes khusus selain nilai rapor bagi calon mahasiswa baru dari jalur SNMPTN tersebut.

    Mahasiswa Unibraw Malang Ciptakan Aplikasi Cegah Keracunan Makanan

    “Jumlah siswa yang lolos pada SNMPTN diseleksi langsung oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berdasarkan urutan nilai dari masing-masing siswa di seluruh SMA di Indonesia,” paparnya.

    Untuk kuota jalur SBMPTN 40% atau sekitar 5.724 orang. Untuk SBMPTN tahun ini, UB sudah menyiapkan 2.000 komputer dan 170 komputer cadangan untuk mengantisipasi jika saat tes ada kendala.

    Kepala Bagian Akademik Unibraw, Heri Prawoto Widodo, mengatakan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) akan dilaksanakan selama sepekan, mulai 20-26 April 2020 dengan pembagian minat Sosial Hukum, Sains Teknologi, dan Gabungan.

    Aplikasi Pengaman Mobil Rental Buatan Mahasiswa Malang Raih Perak di Bangkok

    “UTBK terbagi atas dua sesi setiap harinya, untuk menyukseskan pelaksanaan UTBK, sudah dilakukan koordinasi dengan seluruh fakultas di lingkungan Unibraw tentang kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi, sehingga pada tanggal 2 Maret semua sudah siap dan diharapkan tidak ada lagi pergantian tempat dan komputer pada pelaksanaan UTBK,” tuturnya.

    Heri mengimbau pendaftar SNMPTN yang ingin mengikuti UTBK bisa segera mendaftarkan diri agar bisa mendapat lokasi tes terdekat.

    “Harapan kami siswa yang daftar SNMPTN dengan peluang kecil bisa daftar UTBK karena jika menunggu dia tidak bisa dapat tempat tes terdekat, sehingga harus keluar kota,” ujarnya.

    Keren, Dosen UMM Malang Ciptakan 3 Drone yang Bisa Deteksi Padi yang Terserang Hama

    Untuk seleksi mandiri, Unibraw menetapkan kuota 30 persen atau sekitar 4.286. SMUB akan dilaksanakan tertulis agar siswa benar-benar fokus dengan prodi dan universitas yang akan dipilih guna mengurangi jumlah pendaftar yang tidak melakukan daftar ulang, sekaligus memberikan kesempatan siswa lebih menyeluruh.

    Berdasarkan data Unibraw, Fakultas Kedokteran dan Prodi Manajemen yang paling diminati para pendaftar melalui jalur SNMPTN, terbukti hingga Kamis (27/2/2020) siang dari total 30.360 pendaftar, mayoritas memilih dua jurusan tersebut.

    Pada Tahun Akademik 2020/2021, Unibraw membuka prodi baru, yakni aktuaria dan kehutanan.

     

    “Kedua prodi yang baru dibuka tahun ini, juga memiliki daya tarik yang cukup tinggi di SNMPTN. Untuk kedua prodi baru ini kuota yang disiapkan masing-masing 60-80 mahasiswa atau dua kelas,” katanya.

    Pendaftaran SNMPTN sudah ditutup pada Kamis (27/2/2020), pukul 23.59 WIB, sedangkan untuk UTBK pendaftaran dibuka mulai 30 Maret sampai 11 April 2020 dan pelaksanaan UTBK pada 20 sampai 26 April 2020.

    Bagi calon peserta SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020 diterapkan kebijakan Single Sign On (880) yang merupakan tahap awal dari pendaftaran SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020.

    Setiap peserta wajib memiliki akun LTMPT dengan melakukan registrasi akun melalui laman http://portal.ltmpt.ac.id. Registrasi akun LTMPT untuk UTBK dan SBMPTN dilaksanakan mulai 7 Februari hingga 5 April 2020.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.