Lumbung Pangan Jatim Kini Jangkau Malang Raya

Gubernur Jatim memperluas jangkauan Lumbung Pangan Jatim hingga Malang Raya.

Lumbung Pangan Jatim Kini Jangkau Malang Raya Petugas saat akan mengirimkan sembako murah menggunakan jasa PT Pos Indonesia dari lokasi Lumbung Pangan Jatim di JX International Surabaya ke rumah warga di kawasan Malang Raya. (Antara/Humas Pemprov Jatim)

    Madiunpos.com, SURABAYA — Pemerintah Provinsi Jawa Timur melebarkan jangkauan Program Lumbung Pangan Jawa Timur. Kini program yang bertujuan menyediakan kebutuhan pokok masyarakat dengan harga murah tersebut menjangkau Malang Raya.

    “Mulai pekan ini layanan belanja daring sembako murah dan gratis ongkos kirim bisa dinikmati warga Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu,” ujar Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, di Surabaya, Senin (29/6/2020).

    Seperti dikutip dari Antara, warga Malang Raya bisa memanfaatkan layanan belanja daring via website https://lumbungpanganjatim.com/. Pembayarannya melalui transfer bank.

    Bermodal Rp30 Juta, Dua Bersaudara di Madiun Ubah Sawah Jadi Taman Wisata

    Selain itu, konsumen bisa pesan dengan sistem bayar di tempat atau COD (cash on delivery) melalui WhatsApp di nomor 0811-334-0033.

    Alasan peluasan jangkauan hingga Malang Raya, kata Khofifah, didasarkan para hasil survei tentang permintaan masyarakat setempat.  Kemudian dilakukan uji coba.

    Dengan demikian, saat ini layanan Lumbung Pangan Jatim menjangkau 11 daerah. Yakni, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Bangkalan, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Malang, Kota Malang serta Kota Batu.

    PeduliLindungi, Aplikasi Buatan Pemerintah Untuk Jaga Masyarakat dari Covid-19

    Menurut Khofifah, perluasan layanan ini sekaligus sebagai edukasi masyarakat untuk beradaptasi di era normal baru. Yakni, belanja bahan pokok dari rumah tanpa harus bertatap muka dengan pembeli, sekaligus memanfaatkan teknologi komunikasi.

    Orang nomor satu di Pemprov Jatim itu berharap semangat Lumbung Pangan Jatim bisa ditiru oleh pelaku usaha lainnya sehingga memudahkan masyarakat di masa pandemi saat ini.

    Pengiriman Lewat Pos

    Sementara itu, di Malang Raya memang belum ada tempat penjualan di lokasi sehingga pemesanan dikirim dari JX International Surabaya menggunakan jasa pengiriman PT Pos Indonesia.

    Tambah 3 Pasien Covid-19, Pemkab Pacitan Tinjau Kembali Pembukaan Tempat Wisata

    “Ke depan, jika pemesanan meningkat dan masyarakat Malang Raya sudah teradaptasi dengan belanja sembako daring maka Lumbung Pangan Jatim siap hadir di sana,” ucapnya.

    Pemesanan sembako murah, lanjut dia, bisa dilakukan minimal pembelian Rp60.000 dan maksimal berat barang belanjaan adalah 20 kilogram.

    Di sisi lain, dari data sejak dibuka 21 April 2020 hingga 27 Juni 2020, transaksi penjualan di Lumbung Pangan Jatim untuk 15 jenis bahan pangan sudah mencapai Rp7 miliar. Program tersebut dijadwalkan akan berakhir pada 21 Juli 2020, namun tidak menutup kemungkinan diperpanjang dengan alasan-alasan tertentu.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.