Penutupan Umbul Square Madiun Bikin Hewan Koleksi Lebih Sehat

Penutupan Umbul Square di Kabupaten Madiun berdampak positif pada kondisi binatang koleksi objek wisata itu.

Penutupan Umbul Square Madiun Bikin Hewan Koleksi Lebih Sehat Petugas membersihkan waterboom yang ada di dalam Madiun Umbul Square, Selasa (14/4/2020). (Istimewa/Afri Handoko)

    Madiunpos.com, MADIUN — Obyek wisata Madiun Umbul Square di Kabupaten Madiun sekitar satu bulan terakhir tidak beroperasi alias tutup. Penutupan ini berdasarkan kebijakan Bupati Madiun untuk memutus rantai penyebaran virus corona atau Covid-19.

    Selama sekitar empat pekan libur, justru kondisi ini menguntungkan bagi para satwa di tempat wisata yang juga menjadi lembaga konservasi ini. Ratusan satwa di Umbul Square juga terpantau kondisinya semakin membaik, seperti lebih bugar dan gemuk.

    Direktur Madiun Umbul Square, Afri Handoko, mengatakan penutupan tempat wisata ini bertujuan untuk mengurangi kerumunan yang berpotensi bisa menjadi sarana penyebaran virus corona.

    Wali Kota Kediri Bagi-Bagi APD Dari Gaji Pribadi

    Meski tempat wisata ini tutup bagi umum, kata dia, tetapi para karyawan bekerja seperti biasa merawat ratusan satwa. Selain itu juga mereka melakukan perawatan seluruh wahana di taman wisata yang terletak di Kecamatan Dolopo itu.

    “Hari libur ini justru menguntungkan para satwa. Satwa bisa istirahat dengan maksimal. Karena selama ini kan para satwa nyaris tidak ada henti karena setiap hari dikunjungi wisatawan,” kata Afri saat dihubungi Madiunpos.com, Selasa (14/4/2020).

    Dia menuturkan saat ini para hewan pun terlihat lebih bugar dan hewan yang berbulu lebih mengkilap. Kondisi seperti ini karena para hewan memiliki waktu yang cukup banyak untuk beristirahat.

    Pasien Positif Covid-19 Sidoarjo Terus Bertambah, Warga Dinilai Tak Disiplin Jaga Jarak

    “Bahkan ada satwa kami yang melahirkan dengan selamat tanpa kendala, yaitu seekor kijang melahirkan anakan dengan selamat,” ujarnya.

    Berbagai jenis burung kicau juga suaranya lebih nyaring dan lebih atraktif. Seolah para satwa ini mendapatkan habitat baru yang nyaman dan tanpa ada gangguan. Terlebih kondisi umbul sangat rindang.

    Perawatan Wahana

    Selain merawat satwa, lanjut Afri,  beberapa wahana seperti waterboom, bianglala, komedi putar, kora-kora, dan lainnya juga perlu dirawat. “Wahana permain setiap hari harus dirawat dan dipanasi. Kalau tidak dirawat rutin takutnya saat nanti beroperasi bisa rusak,” ujarnya.

    Untuk melakukan perawatan itu, Umbul Square menggunakan dana operasional cadangan. Hal ini karena selama pandemi masih berlangsung, tempat wisata ini tidak memiliki pemasukan apa pun. Padahal kebutuhan perawatan setiap hari cukup tinggi. Untuk kebutuhan pangan satwa saja pengelola harus memgeluarkan dana sekitar Rp50 juta per bulan. Ini belum biaya perawatan lain.

    Situs Satgas Covid-19 Malang Dibajak, Tampilkan Gambar DJ Seksi

    “Kami berharap semoga wabah ini segera berlalu. Karena akibat wabah ini, sektor pariwisata sangat terpukul karena kami tidak bisa beroperasi. Padahal pendapatannya dari pengunjung,” ujar Afri.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.