Positif Covid-19, 61 Orang di Ponpes Gontor Diisolasi

Sebanyak 61 guru dan santri Ponpes Gontor diisolasi karena positif Covid-19.

Positif Covid-19, 61 Orang di Ponpes Gontor Diisolasi Wisma Darussalam menjadi ruang isolasi bagi guru dan santri Ponpes Gontor yang positif Covid-19. (detik.com)

    Madiunpos.com, PONOROGO — Sebanyak 61 orang di Pondok Pesantren Modern Darussalaam Gontor di Ponorogo terkonfirmasi positif Covid-19. Jumlah ini berpotensi bertambah mengingat masih ada sampel uji swab yang belum keluar hasilnya.

    Sementara itu, pengelola ponpes menjadikan Wisma Darussalam sebagai ruang isolasi bagi mereka yang positif Covid-19. “Dari 61 orang tersebut 2 di antaranya guru pembimbing dan 59 santri,” tutur Jubir Satgas COVID-19 Gontor, M. Adib Fuadi Nuriz, seperti diberitakan detik.com, Minggu (12/7/2020).

    Adib menjelaskan sejak awal Juni lalu pihaknya sudah menyiapkan Wisma Darussalam sebagai ruang isolasi. Kebutuhan logistik disiapkan oleh Satgas Covid-19 Gontor bekerja sama dengan Balai Kesehatan Santri Dan Masyarakat (BKSM) Gontor.

    Kasus Positif Covid-19 Melonjak, 1.000 Warga Ponorogo Jalani Rapid Test

    “Kebutuhan makanan dan minuman serta obat-obatan yang diperlukan juga kami siapkan. Tentunya kami juga bekerja sama dengan dinas kesehatan setempat,” terang Adib.

    Menurutnya, selama di ruang isolasi, semua pasien melakukan aktivitas terbatas, olahraga, juga tidak lepas untuk selalu berdoa dan beribadah. “Alhamdulillah dari pantauan kami sampai saat ini mereka dalam keadaan baik, tampak sehat, dan tidak menunjukkan gejala apa pun. Meskipun demikian kami terus memantau dan memberikan motivasi dan bimbingan kesehatan dari tim trauma healing untuk terus memberikan semangat,” jelas Adib.

    Dokter Alumni Gontor

    Saat ini, ada 100 dokter alumni Pondok Modern Darussalam Gontor yang tergabung dalam Ikatan Dokter Alumni Gontor (IDAGI) turut membantu memperkuat sistem dan mekanisme pencegahan dan percepatan penanganan Covid-19.

    Perhatikan! Pakai Masker Lebih Penting dari Pelindung Wajah

    “Selain memberikan saran dan masukan yang substansial dalam pencegahan dan percepatan penanganan COVID-19, mereka juga memberikan panduan untuk langkah-langkah strategis bagi Gontor dalam peningkatan kesehatan santri baik dalam jangka panjang,” imbuh Adib.

    Salah satu tim dokter Gontor, dr Taniem Nawawi, menjelaskan selama ini ponpes tersebut memiliki modal gaya hidup sehat.

    “Pola kehidupan di Gontor dengan kesederhanaan dan taat akan protokol kesehatan seperti, memakai masker, menjaga jarak, sering mencuci tangan, makan makanan yang bergizi, berolahraga yang teratur, berjemur di pagi hari serta menghandle stres agar supaya imunitas tubuh tetap terjaga adalah modal yang sangat kuat untuk menjaga kesehatan,” ujar dr. Taniem yang bertugas di RSDC Wisma Atlet Kemayoran.

    Wali Kota Risma Beri Perhatian 4 Anak Korban Pencabulan Penjaga Makam



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.