324 Rumah untuk MBR Dibangun di Gresik, Harga Rp123 Jutaan

324 Rumah untuk MBR Dibangun di Gresik, Harga Rp123 Jutaan Ilustrasi buruh bangunan mengaduk semen di proyek pembangunan perumahan (Paulus Tandi Bone/JIBI/Bisnis)

    Pembangunan rumah murah dilakukan di Gresik.

    Madiunpos.com, SURABAYA – Sekitar 324 rumah hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) nonsubsidi dibangun di Gresik Jawa Timur. Pembangunan properti murah itu dilakukan oleh pengembang PT Kokoh Anugerah Nusantara (KAN).

    Direktur PT KAN Kan Eddy mengatakan pengembangan rumah MBR tersebut dilakukan di lahan 50 hektare (ha). Pada tahap pertama, akan dibangun 525 unit, di mana 80%nya untuk MBR, dan sisanya untuk rumah menengah.

    "Dari total 525 unit yang kami tawarkan, hingga kini sudah terjual 201 unit dalam waktu singkat. Ini menandakan kebutuhan rumah murah masih sangat besar, orang masih membutuhkan hunian," jelasnya di sela-sela pameran properti City of Tomorrow, Senin (21/9/2017).

    Dia mengatakan, rumah yang dijual secara khusus disiapkan hanya untuk pembeli pertama yang tidak memiliki rumah. Hal ini dilakukan agar program rumah rakyat dapat tepat sasaran.

    "Meski menjual rumah harga MBR yakni Rp123 jutaan tapi kami tidak menggunakan skema subsidi pemerintah. Justru kami menyiapkan skema yang memudahkan masyarakat yang tidak bankable, bahkan untuk pegawai pensiunan," imbuhnya.

    Kan menjelaskan ada sekitar 75 unit rumah yang disiapkan untuk pembeli pensiunan. Dalam hal ini pihak Kan menjadi avalis bagi bank yang memberikan kredit rumah kepada pembeli.

    Selain menyiapkan rumah MBR, Kan juga menyiapkan rumah menengah seharga Rp325 jutaan sebanyak 110 unit dengan luas area 99 m2 dan bangunan 55 m2.

    "Selama pameran berlangsung kami targetkan bisa menjual 100 unit," imbuhnya.

    Adapun proyek rumah MBR bernama Puri Kokoh Gresik tersebut terletak di Gresik tepatnya berada di 3 km dari pintu tol Legundi (Tol Surabaya-Mojokerto) atau tepatnya di Desa Manunggal Karang Andong, Kedamean, Gresik.

    Sebelumnya, KAN telah membangun perumahan serupa di Puri Kokoh Mojokerto di atas lahan 1,8 ha dengan jumlah 165 unit rumah, sebanyak 15 unit di antaranya merupakan rumah bersubsidi dan telah terjual mencapai 80%.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.