Agar Kesehatan Mata Terjaga, Konsumsi Makanan Berikut

Ada beberapa makanan yang membantu menjaga kesehatan mata.

Agar Kesehatan Mata Terjaga, Konsumsi Makanan Berikut Ikan salmon. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Menjaga kesehatan mata sangat penting untuk dilakukan. Salah satu indera yang dimiliki manusia ini sangat berperan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

    Menatap layar smartphone atau laptop dalam jangka waktu yang lama bisa menurunkan daya penglihatan. Anda perlu mengistirahatkan mata dari berbagai kegiatan yang melibatkan alat elektronik.

    Selain dengan cara tersebut, Anda juga harus menjaga kesehatan mata dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin. Untuk memastikan mata tetap sehat dan mengurangi risiko masalah pada mata seiring bertambahnya usia, berikut daftar makanan yang bagus untuk mata dikutip dari sehatq.com,  Sabtu (31/10/2020).

    Istri Menikah Lagi, Napi LP Banyuwangi Melarikan Diri

    1. Ikan

    Sudah tidak terbantahkan lagi bahwa ikan adalah sumber asam lemak omega-3 terbaik. Bagian yang terpenting adalah minyak ikan seperti tuna, salmon, sarden, bilis, herring, dan ikan trout.

    Beberapa penelitian membenarkan fakta bahwa mengkonsumsi cukup minyak dapat menekan risiko mata kering, termasuk mata kering yang rentan terjadi apabila seseorang terlalu lama melihat monitor komputer.

    1. Kacang-kacangan

    Makanan untuk kesehatan mata berikutnya adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan tinggi akan kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya. Tak hanya itu, kacang-kacangan juga mengandung vitamin E yang dapat menjaga mata dari risiko kerusakan akibat penuaan.

    Beberapa jenis kacang-kacangan yang baik untuk kesehatan mata adalah kacang merah, kacang mete, walnut, dan kacang Brazil.

    1. Buah-buahan sitrus

    Buah yang paling baik untuk kesehatan mata adalah buah sitrus karena kandungan vitamin C yang melimpah di dalamnya. Sama halnya seperti vitamin E, vitamin C adalah jenis antioksidan yang bisa mencegah masalah pada mata.

    Contoh buah-buahan sitrus yang direkomendasikan adalah lemon, jeruk, dan juga jeruk nipis.

    Berfaham Syiah, Jenazah Gadis Ditolak di Madura

    1. Sayuran berdaun hijau

    Kandungan lutein, zeaxanthin, dan vitamin C pada sayuran berdaun hijau seperti bayam, kale dan pok coy sangat berkhasiat untuk kesehatan mata. Akan semakin baik jika pengolahannya tidak terlalu berlebihan sehingga kandungan nutrisinya masih terjaga.

    1. Wortel

    Kandungan beta-karoten membuat wortel selalu masuk dalam daftar. Tak hanya itu, wortel juga mengandung vitamin A dengan komponen protein bernama rhodopsin. Ini dapat membantu retina dalam menyerap cahaya.

    Buah-buahan lain yang juga berwarna seperti paprika, tomat, stroberi,labu, dan jagung juga merupakan sumber vitamin A dan vitamin C yang baik.

    1. Daging sapi

    Salah satu protein hewani yang kaya akan zinc adalah daging sapi. Terbukti dari banyak penelitian, zinc dapat menunda masalah penglihatan akibat usia seperti mata rabun hingga degenerasi makula.

    Retina mata mengandung banyak zinc, termasuk jaringan pembuluh darah di sekitar retina. itulah mengapa daging sapi direkomendasikan, namun Anda tetap harus membatasi konsumsi daging sapi.

    MUI Serukan Boikot Produk Prancis

    1. Telur

    Sumber yang paling baik untuk lutein dan zeaxanthin berikutnya adalah telur. Tak hanya itu, makanan yang mudah diolah ini juga kaya akan vitamin C, vitamin E, dan zinc. Nutrisi-nutrisi itu dapat mengurangi risiko masalah kesehatan mata akibat penuaan.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.