ANGIN KENCANG NGAWI : Duh, Ratusan Rumah di Ngawi Rusak Diterjang Puting Beliung...

ANGIN KENCANG NGAWI : Duh, Ratusan Rumah di Ngawi Rusak Diterjang Puting Beliung... Warga membersihkan reruntuhan rumah yang roboh akibat angin kencang di Desa Dawu, Kecamatan Kedunggalar, Ngawi, Jawa Timur, Senin (26/1/2015). Sedikitnya 130 rumah di wilayah tersebut mengalami rusak berat dan ringan akibat diterjang puting beliung. Minggu (25/1/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Siswowidodo)

    Angin kencang Ngawi robohkan satu rumah dan merusak ratusan lainnya.

    Madiunpos.com, NGAWI — Ratusan rumah milik warga di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur rusak akibat diterjang puting beliung. Satu di antaranya rumah korbang angin kencang Ngawi itu bahkan roboh sehingga rata dengan tanah.

    Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ngawi, Senin (26/1/2015), mencatat puting beliung tersebut melanda tiga desa di Kabupaten Ngawi. Ketiga desa korban angin kencang Ngawi itu adalah Desa Kawu di Kecamatan Kedunggalar, Desa Ngale di Kecamatan Paron, dan Desa Walikukun di Kecamatan Widodaren.

    Kepala Desa Kawu, Dani Subiyantoro, Senin, mengatakan bencana puting beliung tersebut terjadi, Minggu (25/1/2015) bersamaan dengan hujan lebat yang turun sejak sore hingga malam hari. Satu rumah yang roboh akibat angin kencang Ngawi adalah rumah miliknya.

    "Sejak sore sudah hujan deras. Lalu terjadi angin kencang yang berputar-putar. Melihat itu, saya tidak berani keluar rumah dan berlindung di bawah meja. Tiba-tiba saja bangunan rumah saya sudah roboh," ujar Dani Sibiyantoro, kepada wartawan.

    Rumah tersebut sejatinya baru selesai direnovasi sebulan lalu dengan dana ratusan juta rupiah. Beruntung, istri dan anaknya dapat menyelamatkan diri saat kejadian berlangsung.

    "Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa. Istri dan anak saya juga bisa menyelamatkan diri. Meski demikian kerugian materi akibat bencana tersebut jutaan rupiah," ucapnya.

    Selain merobohkan rumahnya, angin puting beliung juga menerjang ratusan rumah warga lainnya hingga mengalami kerusakan parah dan sedang. "Sesuai pendataan, angin puting beliung di Desa Kawu mengakibatkan satu rumah roboh dan 129 rumah lainnya rusak. Baik rusak ringan ataupun sedang. Kerusakan paling banyak terjadi pada atap rumah," kata Kades Dani.

    Tertimpa Pohon
    Rumah yang rusak parah di antaranya milik Sugiono. Rumahnya rusak akibat tertimpa pohon jati setinggi 15 meter. Warga dibantu dengan TNI dari Kodim 0805 Ngawi melakukan kerja bakti membersihkan puing-puing bangunan yang roboh dan rusak.

    Sementara itu, di Desa Walikukun, puting beliung merusak sedikitnya lima rumah warga setempat. Rumah tersebut rusak akibat tertimpa pohon di sekitarnya rumah yang tumbang akibat angin kencang Ngawi itu.

    Salah satu rumah rusak di Desa Walikukun itu milik Ari. "Angin datangnya sangat kencang. Lalu, pohon ada tumbang menimpa rumah saya. Beruntung istri dan anak saya juga berhasil menyelamatkan diri," ujar Ari kepada wartawan.

    Atas terjadinya serangan angin kencang Ngawi itu, personel BPBD dan TNI mengimbau masyarakat waspada akan terjadinya bencana alam pada musim penghujan kali ini, karena diduga curah hujan masih cukup tinggi.



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.