BAHAYA KEBAKARAN : Musim Penghujan, Tetap Waspadai Kebakaran!

BAHAYA KEBAKARAN : Musim Penghujan, Tetap Waspadai Kebakaran! Ilustrasi kebakaran (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

    Bahaya kebakaran tetap perlu diwaspadai meskipun kini tengah musim penghujan.

    Madiunpos.com, SURABAYA – Meskipun memasuki musim hujan, hendaknya masyarakat tetap mewaspadai bahaya kebakaran yang bisa menyerang kapan saja dan di mana saja. Seruan itu dikemukakan Kepala Dinas Kebakaran Kota Surabaya Chandra Ratna Maria Oratmangun.

    Di Kota Surabaya, tercatat angka peristiwa kebakaran mencapai 1-20 kejadian per bulan sepanjang musim penghujan ini. Jumlah tersebut diakui Kepala Dinas Kebakaran Kota Surabaya Chandra Ratna Maria Oratmangun terbilang rendah dibandingkan dengan peristiwa saat musim kemarau, namun bukan berarti tak ada bahaya kebakaran saat musim penghujan.

    Menurut Chandra Ratna Maria Oratmangun, pada musim kemarau rata-rata peristiwa kebakaran di Surabaya mencapai 90-100 kejadian per bulannya. “Potensi kebakaran saat musim kemarau memang sangat tinggi, tapi saat musim hujan pun masih ada kejadian, jadi masyarakat jangan lengah dengan bahaya kebakaran,” katanya, Rabu (18/2/2015).

    Dia memaparkan bahaya kebakaran saat musim penghujan bisa disebabkan petir, arus pendek listrik, juga lilin untuk penerangan akibat pemadaman listrik. Sebagai upaya mengantisipasi kebakaran itu, Dinas Kebakaran Kota Surabaya telah menyiapkan mobil sky lift yang mampu menjangkau gedung-gedung hingga setinggi 55 meter atau sekitar 10-12 lantai untuk memudahkan proses evakuasi korban ketika terjadi kebakaran di gedung pencakar langit.

    “Sky lift nanti juga akan kami pakai untuk simulasi saat peringatan Hari Pemadam Kebakaran Nasional pada 1 Maret,” imbuh Chandra. Dia menambahkan simulasi pemadaman kebakaran dalam peringatan tersebut akan dilakukan di Taman Surya Surabaya dengan mengerahkan 100 personel gabungan dari Dinas Kebakaran, Bakesbang Linmas, Satpol PP, dan Dinas Kesehatan Kota Surabaya.

     



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.