Bangunan Ini Mirip di Luar Negeri, Ada Yang Serupa Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

Ada beberapa bangunan di Indonesia yang memiliki kemiripan dengan bangunan yang ada di luar negeri.

Bangunan Ini Mirip di Luar Negeri, Ada Yang Serupa Monumen Simpang Lima Gumul Kediri Arch de Triomphe (kiri) dan Monumen Simpang Lima Gumul (kanan). (detik.com)

    Madiunpos.com, MADIUN – Sejumlah daerah di Indonesia memiliki bangunan ikonik yang menjadi penanda (landmark) wilayah tersebut. Dari sekian banyak bangunan ikonik di Indonesia, beberapa di antaranya ada yang mirip bangunan ikonik di luar negeri lho. Mulai dari Menara Eiffel di Perancis hingga Golden Gate di San Fransisco.

    Berikut 5 bangunan milik Indonesia yang mirip dengan di luar negeri seperti dikutip dari liputan6.com, Jumat (25/9/2020):

    1. Simpang Lima Gumul, Kediri dan Arch de Triomphe di Perancis

    Monumen Simpang Lima Gumul Kediri merupakan ikon Kota Kediri, Jawa Timur. Monumen Simpang Lima Gumul Kediri memiliki luas bangunan 804 meter persegi dengan tinggi 28 meter terdiri dari 6 lantai, dan ditumpu dengan 3 tangga setinggi 3 meter dari lantai dasar. Sisi lain bangunan ini juga dilengkapi dengan relief sejarah yang menceritakan tentang sejarah Kediri dan budaya yang melingkupinya.

    2. Patung Budha Tidur di Mojokerto dan Patung Budha Tidur di Thailand

    Patung Budha Tidur di Mojokerto dan di Bangkok. (brilionet.com)

     

    Dari empat patung budha yang ada di Indonesia, patung budha terbesar berada di Mahavihara, Majapahit, Trowulan, Mojokerto. Patung Budha Tidur ini memiliki panjang 22 meter, lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter. Patung ini dibangun oleh YM Viryanadi Maha Tera pada tahun 1993.

    3. Jembatan Ampera di Palembang dan Golden Gate Bridge di San Fransisco

    Jika Amerika memiliki Golden Gate Bridge, maka Indonesia memiliki Jembatan Ampera yang memukau. Menjadi simbol akan kebesaran Kota Palembang, Jembatan Ampera memiliki keunikannya tersendiri. Jembatan ini dahulu mempunyai kemampuan untutk membelah, yang difungsikan untuk memberi kesempatan bagi perahu yang Ingin melintas.

    4. Jam Gadang di Bukittinggi dan Big Ben di London

    Big Ben di London dan Jam Gadang di Bukittinggi. (brilionet.com)

    Simbol khas Sumatera Barat yang juga menjadi landmark bagi Kota Bukittingi ini sepintas mirip dengan bangunan legendaris Big ben di London.

    Dari atas menara Jam Gadang, para wisatawan bisa melihat panorama Kota Bukittinggi berupa hamparan lembah yang menawan. Maka tak heran jika wisatawan yang berkunjung ke Bukittingi selalu menyempatkan diri untuk berfoto di Jam Gadang layaknya sedang berada di Big Ben, London Inggris.

    5. Menara Keagungan Limboto, di Gorontalo dan Menara Eiffel di Perancis

    Menara Keagungan Limboto di Gorontalo dan Menara Eiffel di Paris. (liputan6.com)

    Entah disengaja atau tidak,Menara Keagungan Limboto yang ada di Gorontalo ini sekilas mirip dengan menara Eiffel. Dibangun sejak 2002, bangunan menara ini memiliki tinggi hingga 65 meter dan lebar 21 meter. Memiliki 5 lantai, setiap orang yang berkunjung bisa menyaksikan keindahan Kota Gorontalo dari puncak menara.

     



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.