BENDA CAGAR BUDAYA MADIUN : Perbaikan Got di Ngrawan Singkap Pecahan Batu Lumpang Kuno

BENDA CAGAR BUDAYA MADIUN : Perbaikan Got di Ngrawan Singkap Pecahan Batu Lumpang Kuno Pecahan batu lumpang yang diduga benda cagar budaya ditemukan di Dukuh Ngrawan, Desa Dolopo, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Jumat (4/9/2015). (Facbook-Widodogb Sastro)

    Benda cagar budaya Madiun berupa pecahan batu lumpang ditemukan di Dukuh Ngrawan, Desa Dolopo, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur (Jatim).

    Madiunpos.com, MADIUN — Pengguna akun Facebook Widodogb Sastro mengunggah foto pecahan batu lumpang dan potongan-potongan bata yang diduga merupakan benda cagar budaya di grup Facebook Historia Van Madioen (Petjinta Sedjarah Madioen), Jumat (4/9/2015).

    "Sebuah bongkaran galian biasa yang penuh makna. Ada pecahan batu lumpang, potongan-potongan bata kuno ukuran jumbo. Ini berarti?" tulis Widodogb Sastro bersamaan dengan unggahan fotonya, Jumat.

    Widodogb Sastro mengatakan pecahan batu lumpang dan potongan bata yang diduga benda cagar budaya Madiun tersebut ditemukan di tepi jalan masuk ke Dukuh Ngrawan, Desa Dolopos, Kecamatan Dololo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur (Jatim). Dia mengaku tidak sengaja menyaksika benda-benda yang diduga telah ada sejak lama itu.

    Menurut Widodogb Sastro pecahan batu lumpang dan potongan bata ditemukan saat ada perbaikan got. "Baru kemarin [Jumat] pas mampir Warung Ndaton. Kok ada perbaikan got," jelas Wididigb Sastro di kolom komentar menjawab pertanyaan dari pengguna akun Facebook Annas Budi Utomo.

    Pemilik akun Facebook Dian Narasimhavatara Amateroshu Omikami dalam kolom komentar menyarankan temuan pecahan batu lumpang dan potongan -potongan bata itu perlu dikembangkan dan ditelusuri lebih dalam untuk membuktikan dugaan kekunoannya. "Patut dikembangkan dan ditelusuri lebih dalam," tulis Dian Narasimhavatara Amateroshu Omikami.

    Senada, pemilik akun Facebook Andrik Akira menyarankan pecahan batu lumpang dari batu andesit itu perlu segera diamankan. "[Benda] Yang mirip pecahan lumpang tersebut kalau bisa dipindahkan ke rumah Jupel saja," kata Andrik Akira.

    Tidak berselang lama, Widodogb Sastro membalas dengan pernyataan jika pecahan batu lumpang yang diduga merupakan benda kuno di Madiun telah diamankan di tempat yang disarankan Andrik Akira.

     

    KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.