Bojonegoro Tak Lagi Masuk 10 Besar Kabupaten Termiskin di Jatim

Bojonegoro Tak Lagi Masuk 10 Besar Kabupaten Termiskin di Jatim Ilustrasi warga di bawah garis kemiskinkan. (JIBI/Solopos/Antara)

    Bojonegoro di urutan 11 untuk jumlah penduduk miskin.

    Madiunpos.com, BOJONEGORO -- Kabupaten Bojonegoro sudah keluar dari 10 besar kabupaten dan kota di Jawa Timur yang berpenduduk miskin sejak 2016.

    "Sesuai perhitungan BPS bahwa Bojonegoro berada di urutan 11 kabupaten/kota untuk jumlah penduduk miskin di Jawa Timur," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Bojonegoro Kusnandaka Tjatur di Bojonegoro, Selasa (6/6/2017).

    Sesuai laporan Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur, lanjut dia, pada 2015 jumlah penduduk miskin daerahnya sebanyak 193.990 jiwa (15,71 persen) dan turun menjadi 180.990 jiwa (14,60 persen), pada 2016.

    "Sesuai laporan BPS jumlah penduduk miskin di Bojonegoro berkurang, bahkan bisa jadi akan terus berkurang sebab strategi mengentas kemiskinan di Bojonegoro menurut Bank Dunia sudah tepat," kata dia menegaskan.

    Menurut dia yang mengutip laporan BPS bahwa berdasarkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada 2016 menyebutkan Bojonegoro berada di urutan 11.

    Kabupaten yang masuk 10 kabupaten termiskin, yaitu Sampang, Bangkalan, Probolinggo, Sumenep, Tuban, Pamekasan, Pacitan, Ngawi, Bondowoso dan Lamongan.

    Laporan yang dikeluarkan BPS Jawa Timur tertanggal 2 Juni 2017 menyebutkan angka final kemiskinan kabupaten/kota kondisi Maret 2016 mencakup data jumlah penduduk miskin, presentase penduduk miskin, indeks kedalaman kemiskinan (P1), indeks keparahan kemiskinan (P2) serta garis kemiskinan.

    Jumlah penduduk yang digunakan dalam perhitungan kemiskinan adalah penduduk proyeksi kondisi Maret 2016. Angka ini merupakan angka resmi BPS terkait tingkat kemiskinan kabupaten/kota pada 2016.

    "Jika ditemukan data kemiskinan yang berbeda dengan angka tersebut maka dapat dipastikan bukan berasal dari BPS dan bukan merupakan angka resmi BPS," kata Kepala Badan Pusat Statistik Jawa Timur, Teguh Pramono.

    Menanggapi hal itu, Bupati Bojonegoro Suyoto menyatakan dalam sejarah tahun ini daerahnya tidak masuk 10 besar kabupaten/kota dengan angka kemiskinan tertinggi berdasarkan indeks pembangunan manusia (IPM) di Jawa Timur.

    "Jika tidak salah inilah untuk pertama kali dalam sejarah, berdasarkan urutan presentasenya Bojonegoro keluar dari 10 kabupaten kota termiskin di Jatim, " katanya.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.