Cegah Persebaran Covid-19, Stasiun Madiun Diluncurkan Jadi Stasiun Tangguh

Wali Kota Madiun, Maidi, meresmikan stasiun tangguh semeru di Stasiun Madiun, Rabu (8/7/2020).

Cegah Persebaran Covid-19, Stasiun Madiun Diluncurkan Jadi Stasiun Tangguh Wali Kota Madiun, Maidi, mengecek fasilitas di Stasiun Madiun, Rabu (8/7/2020). (Istimewa/Pemkot Madiun)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Wali Kota Madiun, Maidi, meresmikan stasiun tangguh semeru di Stasiun Madiun, Rabu (8/7/2020). Hal ini karena stasiun menjadi salah satu gerbang masuknya pendatang ke Kota Madiun.

    Maidi menuturkan dengan pendeteksian di stasiun tersebut diharapkan bisa meminimalisir persebaran Covid-19 di Kota Madiun.

    “Stasiun kan menjadi salah satu pintu gerbang keluar masuknya orang. Kalau di pintu gerbang sudah terdeteksi, kemungkinan penularan lebih jauh bisa diminimalkan,” kata dia.

    Temani Mertua ke Jakarta-Lamongan, Warga Madiun Terkonfirmasi Positif Covid-19

    Di dalam stasiun tangguh ini, kata Maidi, telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Selain itu, di dalam stasiun juga ada ruang isolasi, pos kesehatan, posko penanganan, dan lainnya.

    Penumpang yang terdeteksi bersuhu tinggi akan langsung melewati serangkaian pos tersebut hingga mendapatkan penanganan lebih lanjut.

    “Stasiun tangguh adalah stasiun yang bisa melakukan penanganan awal Covid-19. Mulai cek suhu tubuh hingga rapid test. Sehingga di stasiun sudah terdeteksi kondisi awal penumpang dan tahu harus bagaimana,” kata dia.

    Positif Covid-19, 6 Santri Pondok Gontor Datang ke Ponorogo Tanpa Rapid Test

    Setelah ada penumpang yang terdeteksi memiliki suhu badan tinggi, pihak stasiun akan segera berkoordinasi dengan pemerintah kota. Sehingga, penumpang yang memiliki gejala seperti itu tidak dibiarkan begitu saja. Kalau dibiarkan justru akan membahayakan warga lain.

    “Nanti konsep seperti ini akan diterapkan di terminal,” ujar Maidi.

    Lebih lanjut, stasiun tangguh ini melengkapi konsep kota tangguh di Kota Madiun yang saat ini dikembangkan pemerintah kota.

     

     

     



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.