DEMO PONOROGO : HMI Ponorogo Tuntut Wakil Ketua KPK Saut Situmorang Mundur

DEMO PONOROGO : HMI Ponorogo Tuntut Wakil Ketua KPK Saut Situmorang Mundur Anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Ponorogo berunjuk rasa di depan Kantor DPRD Ponorogo atas ucapan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang yang dinilai mencemarkan nama baik HMI, Senin (9/5/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

    Demo Ponorogo ini terkait dugaan oencemaran nama baik, HMI Cabang Ponorogo menuntut Saut Situmorang untuk mundur dari jabatannya sebagai pimpinan KPK.

    Madiunpos.com, PONOROGO — Puluhan mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ponorogo melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor DPRD Ponorogo, Senin (9/5/2016). Mereka menuntut Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang untuk turun dari jabatannya.

    Sebab, Saut Situmorang dituntut untuk mengundurkan diri dari jabatannya karena dianggap telah mencemarkan nama baik organisasi HMI.

    Reaksi itu timbul setelah Saut Situmorang menyatakan, "Mereka orang-orang cerdas ketika menjadi mahaiswa, kalau HMI minimal LK I. Tapi ketika menjadi pejabat, mereka korup dan sangat jahat,” di acara talk show salah satu televisi swasta.

    Pantauan Madiunpos.com, puluhan mahasiswa yang terdiri dari berbagai kampus ini menyuarakan aspirasinya di depan gedung wakil rakyat Ponorogo.

    Selain membawa bendera HMI, mereka juga membawa berbagai tulisan yang menyatakan mereka lulusan Latihak Kader Pertama (LK-I) HMI dan mereka bukan koruptor. Dalam tulisan yang dibawa mereka juga menyebutkan #SAVEKPK KPK tidak berpihak.

    Anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Ponorogo berunjuk rasa di depan Kantor DPRD Ponorogo atas ucapan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang yang dinilai mencemarkan nama baik HMI, Senin (9/5/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)
    Kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Ponorogo berunjuk rasa di depan Kantor DPRD Ponorogo atas ucapan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang yang dinilai mencemarkan nama baik HMI, Senin (9/5/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

    Koordinator Aksi tersebut, Budi Wiyono, mengatakan kader HMI Cabang Ponorogo sangat sakit hati terhadap pernyataan Saut Situmorang yang sangat menyudutkan organisasi HMI. Dia menyarankan supaya Saut Situmorang untuk belajar sejarah pergerakan di Indonesia.

    “Tentunya dalam organisasi pasti ada anggota yang baik dan yang tidak baik. Tetapi, oknum yang tidak baik tidak bisa untuk menilai sebuah organisasi, karena oknum itu bukan representasi organisasi. Kami sangat kecewa, Pimpinan KPK mengeluarkan pernyataan yang menyakiti hati kami,” jelas dia kepada wartawan, Senin.

    Budi menyampaikan HMI Ponorogo juga melaporkan Saut Situmorang di Polres Ponorogo dengan aduan pencemaran nama baik. Dia berharap anggota dewan dan bisa mengawal aspirasi mereka.

    Dalam aksi itu, ada beberapa tuntutan yaitu mendesak Saut Situmorang untuk mundur dari jabatannya sebagai Wakil Ketua KPK karena dinilai mencederai martabat dan marwah KPK.

    Mereka mendesak Saut Situmorang untuk meminta maaf kepada seluruh kader HMI melalui media televisi, cetak, dan online nasional selama lima hari secara berturut-turut atas pernyataan yang menyudutkan dan mencemarkan nama baik HMI.

    Lebih lanjut., mereka mendesak kepada DPRD Ponorogo untuk menindaklanjuti dan mengawal laporan tersebut. Selain itu, mereka mendesak Kapolri untuk menangkap dan memproses Saut Situmorang atas pernyataan yang dinilaimencemarkan nama baik HMI.

    Anggota DPRD Ponorogo, Sunarto, menyampaikan surat aduan tersebut akan disampaikan ke Mabes Polri dan Komisi III DPR. Dia menyayangkan komentar seorang Pimpinan KPK yang menyudutkan salah satu organisasi dengan alasan ada salah satu anggota organisasi itu yang melakukan kesalahan.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.