Dubes akan Kirim Muslim Inggris ke Pondok Gontor Ponorogo

Dubes akan Kirim Muslim Inggris ke Pondok Gontor Ponorogo Masjid Gontor di Kompleks Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

    Dubes Inggris akan mengirim sejumlah muslim dari negara itu untuk belajar toleransi di Pondok Gontor.

    Madiunpos.com, PONOROGO -- Kedutaan Besar Inggris akan mengirimkan sejumlah muslim dari Inggris untuk belajar di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Muslim Inggris akan belajar kehidupan beragama di Pondok Gontor selama sebulan.

    "Salah satu hal yang disepakati yaitu akan ada pergantian kunjungan. Sejumlah muslim dari Inggris akan hidup dan belajar di Pondok Gontor dan sejumlah santri Gontor akan ke Inggris," jelas Pembantu Rektor I Universitas Darussalam Gontor, Hamid Fahmi Zarkasyi, kepada wartawan seusai menerima kunjungan Dubes Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik di Pondok Gontor, Rabu (26/4/2017).

    Hamid menyampaikan kunjungan di Inggris maupun di Pondok Gontor direncanakan pada akhir tahun 2017. Muslim dari Inggris akan bermukim di Pondok Gontor sekitar sebulan dan belajar mengenai kehidupan beragama di pondok tersebut.

    Selain itu, pihak Kedubes Inggris juga akan mengirimkan guru Bahasa Inggris sebagai native speaker untuk mengajar di Pondok Gontor selama sebulan. "Pihak Kedubes Inggris akan membiayai seluruh kebutuhan native speaker selama berada di Gontor," ujar dia.

    Dia menjelaskan kepada pihak Dubes Inggris bahwa toleransi umat Islam di Indonesia sangat tinggi. Selain itu, tata cara kehidupan di Indonesia sangat pluralistik dan majemuk.

    "Mayoritas penduduk di Indonesia muslim, namun mereka tetap toleran dengan tidak menjadikan Indonesia sebagai negara Islam," jelas dia.

    Mengenai kehidupan beragama umat Islam di Indonesia, kata dia, itu merupakan bentuk kedewasaan bangsa Indonesia. Kedewasaan seperti ini yang tidak ada di Islam di Inggris.

    "Di Pakistan, saya kebetulan pernah hidup di sana, antar suku saja bisa saling membunuh dan itu disulut dengan hal-hal kecil. Tapi kita meski beragam, kita bisa akur," terang dia.

    Dubes Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik menyampaikan pihaknya akan menbantu Pondok Gontor dalam menyediakan native speaker. Kedutaan akan mendatangkan native speaker dari Inggris untuk mengajar Bahasa Inggris di Gontor.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.