Fase Bulan Baru, Pesisir Surabaya dan Sekitarnya Berpotensi Banjir Hingga 1,5 Meter

Wilayah pesisir Surabaya dan sekitarnya diprediksi akan mengalami banjir rob akibat air pasang laut.

Fase Bulan Baru, Pesisir Surabaya dan Sekitarnya Berpotensi Banjir Hingga 1,5 Meter Ilustrasi banjir rob. (Antara)

    Madiunpos.com, SURABAYA -- Wilayah pesisir Surabaya dan sekitar berpotensi diterjang banjir rob pada Sabtu (20/6/2020) hingga Selasa (23/6/2020). Ini lantaran adanya fenomena alam berupa fase bulan baru atau spring tide.

    Peringatan ini disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Surabaya. "Waspadai fenomena pasang maksimum yang berpotensi mengakibatkan banjir rob terjadi pada tanggal 20 hingga 23 juni 2020. Ketinggian air dapat mencapai 130 hingga 150 cm dari permukaan laut di wilayah pesisir," kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Perak Surabaya, Taufiq Hermawan, di Surabaya, Jumat (19/6/2020).

    Update Covid-19 Jatim! Mendekati 9.000 Kasus

    Taufiq memaparkan ada beberapa wilayah yang akan mencapai pasang maksimum di perairan Surabaya. Yakni pertama daerah pesisir Pelabuhan Surabaya mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Kedua pesisir Surabaya Timur mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

    Ketiga, jelas dia, Pesisir Kalianget dan Pamekasan mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Terakhir, Pesisir Sidoarjo dan Pasuruan mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

    Taufiq mengimbau masyarakat di daerah sekitar pesisir untuk meningkatkan kewaspadaan. "Hal ini berdampak dengan munculnya genangan air yang dapat mengganggu transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan," papar Taufiq.

    Awali Peringatan Hari Jadi ke-102 Kota Madiun, Wali Kota Ziarah Makam Leluhur

    "Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang air laut maksimum serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG," imbuhnya



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.