GEMPA BUMI : Gempa 4,4 SR Guncang Pacitan

GEMPA BUMI : Gempa 4,4 SR Guncang Pacitan Ilustrasi gempa bumi (JIBI/Solopos/Dok)

    Gempa bumi berkekuatan 4,4 SR terjadi di perairan Pacitan.

    Madiunpos.com, PACITAN — Gempa bumi berkekuatan 4,4 skala richter (SR) mengguncang wilayah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Kamis (25/8/2016) sekitar pukul 14.36 WIB. Getaran gempa tersebut terasa hingga ke sejumlah kecamatan di Pacitan.

    Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan, Pujono, membenarkan gempa bumi berkekuatan 4,4 SR telah menggetarkan Pacitan pada Kamis pukul 14.36 WIB. Dia mengatakan pusat gempa berada 65 km sebelah tenggara dari laut Pacitan.

    Pujono menyampaikan gempa terjadi pada kedalaman 40 km dan getaran terasa hingga wilayah kota Pacitan dan beberapa kecamatan lainnya. “Getaran terasa sampai wilayah Pacitan, meski getarannya tidak besar. Dan waktu terjadi gempa juga singkat hanya sekitar enam detik,” jelas dia kepada Madiunpos.com, Kamis.

    Lebih lanjut, dia menuturkan masyarakat tidak perlu panik terhadap gempa bumi yang terjadi. Sejauh ini, gempa bumi tersebut tidak menimbulkan reaksi apapun dan dengan ukuran gempa 4,4 SR tidak berpotensi terhadap tsunami.

    Namun, dia tetap mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada karena ditakutkan akan terjadi gempa susulan yang jauh lebih besar. Dia menyampaikan gempa memang tidak bisa diprediksi dengan alat apapun, untuk itu masyarakat tetap waspada.

    “Yang ditakutkan kalau gempa ini hanya awalan, setelah itu ada gempa susulan dengan kekuatan yang lebih besar. Tetapi, kami berdoa semoga tidak terjadi gempa susulan dan tidak terjadi tsunami,” terang dia.

    Slaah seorang warga Kelurahan Sidoharjo, Pacitan, Ririn, mengatakan merasakan gempa beberapa detik. Dia mengaku takut kalau gempa tersebut berdampak pada tsunami. “Tadi sempat merasakan getaran, tetapi tidak lama. Semoga tidak berdampak terhadap tsunami,” kata dia.



    Editor : Ahmad Mufid Aryono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.