GREBEG SURO : Ribuan Seniman Reog se-Indonesia Akan Tampil di FNRP XXIII

GREBEG SURO : Ribuan Seniman Reog se-Indonesia Akan Tampil di FNRP XXIII Ratusan warga melihat atraksi reog Ponorogo yang tampil dalam kegiatan budaya di Jl. Bathoro Kathong, Ponorogo. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

    Grebeg Suro, ribuan seniman reog akan unjuk gigi di gelaran Festival Nasional Reog Ponorogo.  

    Madiunpos.com, PONOROGO—Ribuan seniman reog dari 39 grup reog di seluruh Indonesia akan unjuk gigi dalam gelaran Festival Nasional Reog Ponorogo (FNRP) XXIII dalam perayaan Grebeg Suro tahun 2016 di Ponorogo. Dari 39 grup reog yang tampil, 23 grup di antaranya wakil dari sejumlah wilayah se-Indonesia.

    Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Ponorogo, Sapto Djatmiko, mengatakan jumlah grup reog yang tampil pada FNRP 2016 lebih banyak dibandingkan pada gelaran tahun sebelumnya. FNRP 2016 ini diikuti 39 grup reog yang terdiri atas 16 grup reog dari Ponorogo dan 23 grup reog dari berbagai daerah se-Indonesia.

    “Gelaran FRNP tahun ini lebih meriah, grup reog yang daftar kemarin ada 40 lebih grup, tetapi karena kuota yang disediakan 39 grup, sehingga kami hanya memastikan 39 reog itu yang tampil dalam gelaran nasional tersebut,” jelas dia saat jumpa pers di kantor Disbudparpora Ponorogo, Jumat (23/9/2016).

    Sapto menyampaikan untuk peserta dari luar daerah yaitu dari Surabaya, Magetan, Pacitan, Madiun, Gresik, Malang, dan lainnya. Untuk peserta festival reog ini tidak hanya diikuti dari padepokan reog, tetapi kelompok reog dari sekolah dan perguruan tinggi juga ikut meramaikan gelaran nasional tersebut.

    “Untuk satu grup reog itu minimal ada 50 orang, itu belum pemain cadangan dan crew lainnya, diperkirakaan ada sekitar 3.000-an seniman reog yang akan hadir dalam gelaran itu,” kata Sapto.

    Dia menyampaikan gelaran FNRP XXIII digelar selama lima hari 26-30 September 2016 di Alun-alun Ponorogo. Nantinya seluruh peserta diberi waktu 25 menit dalam sekali pentas. Dan tim juri akan menilai penampilan tersebut.

    “Untuk juara pertama ada hadiah senilai Rp10 juta dan untuk juara kedua dan ketiga juga ada hadiahnya sendiri. tapi saya lupa jumlah hadiahnya,” ujar dia.

    Meski hadiahnya tergolong kecil, ujar Sapto, tetapi peserta yang ikut gelaran FFNRP ini semakin tahun semakin meningkat. Menurut dia, gelaran FNRP merupakan festival reog terbesar di Indonesia bahkan dunia yang merupakan salah satu gelaran bergengsi.



    Editor : Ahmad Mufid Aryono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.