GUNUNG RAUNG MELETUS : Warga Mulai Rasakan Abu

GUNUNG RAUNG MELETUS : Warga Mulai Rasakan Abu Warga beraktivitas di pasar dengan latar belakang Gunung Raung di Desa Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (13/7). Mendekati Hari Raya Idul Fitri, warga sekitar lereng Gunung Raung yang mayoritas bermata pencaharian bertani tetap beraktivitas seperti biasa meskipun hujan abu sering terjadi secara tiba-tiba karena arah angin yang berubah-ubah. (JIBI/Antara Foto/Budi Candra Setya)

    Gunung Raung meletus mulai berdampak bagi warga sekitar.

    Madiunpos.com, BONDOWOSO – Warga sejumlah kecamatan di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Minggu (19/7/2015), mulai merasakan adanya debu vulkanis akibat Gunung Raung meletus. Sebagian warga kini mulai memakai masker, helm, dan kacamata jika berkendaraan ke luar rumah.

    "Di Kecamatan Sumber Wringin mulai terasa ada debu tadi sekitar pukul 15.00 WIB dan sampai malam ini masih terus turun," kata Sony Firdaus, warga Kecamatan Sumber Wringin, salah satu wilayah yang berada sekitar 15 km dari kawah Gunung Raung itu seperti diberitakan Kantor Berita Antara, Senin (20/7/2015).

    Sony mengaku sempat merasakan matanya perih ketika keluar di malam hari tidak mengenakan helm. Akhirnya, ia kembali ke rumah mengambil helm dan masker lantaran waswas dengan abu vulkanis sejak Gunung Raung meletus.

    Warga di kecamatan lainnya yang terkena dampak abu vulkanis Gunun Raung , kata dia, juga mengenakan masker jika keluar rumah. Mereka ada yang membeli masker sendiri, ada juga hasil pemberian Satgas Penanggulangan Bencana (PB) Gunung Raung beberapa waktu lalu.

    Komandan Satgas PB Gunung Raung Kabupaten Bondowoso Letkol (Arh) Sudrajat mengemukakan sejumlah wilayah kecamatan yang mulai terkena abu gunung berketinggian 3.332 meter dari permukaan laut (mdpl) itu, yakni Sumber Wringin, Tlogosari, Tamanan, Grujungan, bahkan sampai ke Kota Bondowoso dan sekitarnya.

    "Kami tadi membagikan masker sekitar 2.000 buah kepada wargam sejumlah wilayah ada yang merasakan debu dari pagi dan sore hingga malam sudah tidak ada," kata perwira TNI AD yang sehari-hari menjabat Komandan Kodim Bondowoso itu.

    Pihaknya mengimbau warga untuk selalu mengenakan helm, masker, atau kacamata jika mengendarai motor. Hal itu perlu diingatkan agar debu vulkanis dari Gunung Raung meletus tidak terhirup saat bernapas atau masuk ke mata.



    Editor : Aries Susanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.