HAJI 2015 : Sakit, Calhaj Ngawi Tertunda Berangkat

HAJI 2015 : Sakit, Calhaj Ngawi Tertunda Berangkat Petugas membantu seorang calon haji sebelum diberangkatkan ke Bandara Juanda menuju Mekah di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (21/8/2015). (JIBI/Solopos/Antara/dok)

    Haji 2015 asal Ngawi tak bisa diikuti sesuai jadwal oleh seorang calon haji yang sakit.

    Madiunpos.com, NGAWI — Seorang dari 215 calon haji (calhaj) asal Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, tertunda berangkat menjalani ibadah ke Tanah Suci musim haji 2015 sesuai jadwal, Jumat (21/8/2015), akibat sakit.

    Data Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Ngawi mencatat, calon haji yang sakit tersebut bernama Tuminah, warga Jogorogo, Ngawi. Sesuai jadwal semestiya yang bersangkutan berangkat ke Tanah Suci bersama dengan rombongan calon haji 2015, Jumat.

    "Namun karena sakit, yang bersangkutan tertunda untuk berangkat. Dengan demikian, calon haji asal Ngawi yang berangkat sesuai jadwal sebanyak 214 orang, yakni 105 laki-laki dan 109 perempuan," ujar Kepala Kemenag Ngawi, Syahidan, seusai melepas keberangkatan calhaj di Pendapa Wedya Graha Ngawi.

    Menurut dia, jika yang bersangkutan sembuh dalam waktu satu pekan ke depan, maka ia akan diberangkatkan ke Tanah Suci bersamaan dengan kloter terakhir. Demi mengantisipasi hal tersebut, pihak Kemenag setempat sengaja mengosongkan kursi agar yang bersangkutan tetap bisa berangkat ke Tanah Suci meski tertunda.

    Syahidan menambahkan, jumlah calon haji Ngawi tahun ini yang mencapai 215 orang tersebut menurun 20 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu. Adapun, jumlah calon haji yang diberangkatan pada tahun 2014 lalu mencapai 309 orang.

    "Hal itu karena menyesuaikan dengan pembatasan kuota yang diberlakukan pemerintah Arab Saudi yang otomatis kuota nasional juga ikut berkurang," katanya.

    Sementara itu, seorang calon haji yang berangkat, Heny Rosidah, mengaku senang dapat berangkat tahun 2015 ini sebab sudah lama menunggu giliran untuk berhaji. "Alhamdulillah tahun ini bisa berangkat. Saya sudah menunggu giliran untuk berangkat selama enam tahun lamanya," kata dia.

    Sementara itu, ke-214 calon haji 2015 yang berangkat dilepas oleh Asisten I Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Mas’ud. Para calon haji tersebut berangkat ke Asrama haji Embarkasi Surabaya dengan diangkut lima unit bus.

    Para keluarga yang mengantar keberangkatan calon haji 2015 tak kuasa menahan tangis haru. Semua pihak berharap para calon haji dapat menunaikan ibadahnya dengan lancar dan kembali ke Tanah Air dengan selamat untuk menjadi haji mabrur.

     

    KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

     



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.