HARGA KEBUTUHAN POKOK : Daging Ayam di Ponorogo Rp30.000/kg, Harga Diprediksi Terus Naik

HARGA KEBUTUHAN POKOK : Daging Ayam di Ponorogo Rp30.000/kg, Harga Diprediksi Terus Naik Darwati, pedagang daging ayam di Pasar Songgolangit, Ponorogo (kanan), melayani konsumen, Senin (23/5/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

    Harga kebutuhan pokok Ponorogo yakni daging ayam diprediksi naik hingga Ramadan dan Lebaran.

    Madiunpos.com, PONOROGO — Harga daging ayam potong di Ponorogo naik menjadi Rp30.000/kg dalam sepekan terakhir. Harga diprediksi akan terus meningkat hingga Lebaran nanti.

    Seorang pedagang daging ayam di Pasar Songgolangit, Ponorogo, Darwati, mengatakan harga daging ayam sepekan terakhir naik Rp2.000 atau menjadi Rp30.000/kg dari harga daging ayam sebelumnya Rp28.000/kg. Namun, saat ini harga daging ayam masih terus berubah-ubah.

    Darwati menyampaikan biasanya harga daging ayam akan kembali naik mendekati Ramadan. Dan saat awal hingga pertengahan Bulan Puasa, biasanya harga akan stabil dan kembali melonjak menjelang Lebaran.

    “Harga daging ayam saat ini masih labil, terus mengalami perubahan. Biasanya harga akan naik saat menjelang Ramadan dan Lebaran,” jelas dia saat berbincang dengan Madiunpos.com di Pasar Songgolangit, Senin (23/5/2016).

    Dia menuturkan kenaikan harga ini dipengaruhi beberapa faktor antara lain permintaan meningkat menjelang Ramadan. Selain itu, stok ayam potong di tingkat peternak sedang menipis atau belum panen.

    “Kalau ayam di peternakan banyak, biasanya kenaikannya tidak begitu banyak. Tetapi, ketika stok sedikit dan permintaan meningkat, itu yang biasanya menyebabkan kenaikan harga,” jelas dia.

    Berbeda dengan daging ayam, harga daging sapi di pasar Songgolangit justru stabil dengan di angka Rp105.000/kg.

    Seorang pedagang daging sapi, Tutik, mengatakan sampai saat ini harga daging sapi masih sama seperti beberapa bulan lalu yaitu Rp105.000/kg.

    Dia memperkirakan daging sapi tidak naik harga pada saat menjelang Ramadan. Namun, dia tidak menampik kenaikan harga daging sapi akan terjadi mendekati Lebaran.

    Tutik memprediksi harga daging sapi akan naik menjadi Rp120.000/kg. “Tahun-tahun sebelumnya ya begitu, harga daging sapi akan naik menjadi Rp120.000/kg saat menjelang lebaran. Kalau saat ini konsumen daging sapi cenderung menurun,” ujar dia.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.