HARGA KEBUTUHAN POKOK : Harga Daging Ayam Potong di Madiun Melonjak

HARGA KEBUTUHAN POKOK : Harga Daging Ayam Potong di Madiun Melonjak Pedagang ayam di Pasar Besar Kota Madiun, Jumat (24/7/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Fikri Yusuf)

    Harga kebutuhan pokok jenis daging ayam potong di Madiun melonjak selama musim libur Lebaran 2017.

    Madiunpos.com, MADIUN — Harga daging ayam broiler di sejumlah pasar tradisional Kota Madiun, Jawa Timur (Jatim) naik signifikan akibat tingginya permintaan konsumen selama momentum Hari Idulfitri 1438 H. "Harga daging ayam potong atau broiler saat ini sudah mencapai Rp40.000/kg. Padahal sebelum Lebaran kemarin masih Rp30.000/kg," ungkap Sri Setyorini, warga Kelurahan Sukosari, Kota Madiun kepada wartawan, Selasa (27/6/2017).

    Menurut dia, kenaikan harga karkas ayam potong tersebut sudah terjadi sejak beberapa pekan sebelum musim libur Lebaran 2017. Sebelumnya, saat kondisi normal, harga kebutuhan pokok itu berada pada kisaran Rp 30.000/kg hingga Rp35.000/kg. "Naiknya secara bertahap. Diperkirakan kenaikan tersebut karena didukung oleh banyaknya kebutuhan daging ayam untuk berlebaran," kata dia.

    Ia menjelaskan, jika biasanya cukup membeli daging ayam sekilo untuk kebutuhan keluarganya, kini saat lebaran bisa berbelanja daging ayam broiler hingga lima kilogram sekali beli. Bahkan ada sejumlah konsumen yang lebih dari itu. "Belinya langsung banyak, bisa 5 kg hingga 10 kg dalam sekali belanja. Itu untuk keperluan menjamu keluarga besar yang datang berkumpul untuk berlebaran," katanya.

    Naiknya kebutuhan akan daging ayam broiler dikonfirmasi para pedagang daging ayam dan daging sapi di Pasar Besar Madiun. Salah saunya adalah, Bu Ginem. Jika biasanya ia hanya menjual 10 kg/hari hingga 15 kg/hari, saat mendekati libur Lebaran 2017 ini bisa tembus 20 kg/hari hingga 25 kg/hari. "Demikian juga untuk pembelian daging sapi. Akibatnya harga daging sapi juga ikut naik dari biasanya Rp100.000/kg menjadi kisaran Rp110.000/kg hingga Rp120.000/kg," katanya.

    Para pedagang memperkirakan harga daging tersebut masih akan tinggi hingga beberapa pekan ke depan. Hal itu seiring masih tingginya kebutuhan masyarakat Madiun akan komoditas tersebut. Terlebih lagi, mometum liburan Lebaran 2017 masih berlangsung hingga awal bulan Juli 2017. Biasanya daging ayam dan sapi tersebut digunakan untuk keperluan memasak opor ayam, rendang, dan makanan lain sambil berkumpul bersama keluarga.

    Terkait stok, Dinas Perdagangan Kota Madiun sebelumya menjamin pasokan daging ayam dan sapi di wilayah ini aman demi stabilnya harga kebutuhan pokok itu selama momentum Lebaran 2017. Adapun, untuk pasokan daging, Kota Madiun mendapat suplai dari sejumlah daerah produksi di sekitarya seperti Kabupaten Madiun, Magetan, Ngawi, dan Ponorogo.

    KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.