HARGA KEBUTUHAN POKOK : Jelang Ramadan, Harga Gula Pasir di Ponorogo Tembus Rp16.500/Kg

HARGA KEBUTUHAN POKOK : Jelang Ramadan, Harga Gula Pasir di Ponorogo Tembus Rp16.500/Kg Ilustrasi penjualan gula (JIBI/Solopos/Dok.)

    Harga kebutuhan pokok berupa gula pasir di Ponorogo tembus Rp16.500/kg.

    Madiunpos.com, PONOROGO - Harga gula pasir dan minyak goreng di Ponorogo terus meroket menjelang bulan Ramadan. Saat ini harga gula pasir mencapai Rp16.500/kg dan harga minyak goreng mencapai Rp12.000/liter.

    Seorang pedagang barang kebutuhan pokok di Pasar Songgolangit Ponorogo, Suminah, mengatakan gula pasir merupakan salah satu komoditas yang kenaikan harganya cukup tinggi. Harga gula pasir di Kota Reog sepekan terakhir masih senilai Rp12.000/kg.

    "Kenaikan gula pasir per kg mencapai Rp4.500. Ini kenaikan harga gula pasir tertinggi dalam tahun ini," kata dia kepada Madiunpos.com, Selasa (24/5/2016).

    Suminah mengatakan stok gula pasir sejauh ini tidak ada kendala dan selalu terpenuhi. Dia memperkirakan kebutuhan terhadap gula pasir di menjelang Ramadan meningkat. Harga bisa semakin naik ketika kebutuhan tinggi, tetapi stok barang menipis.

    "Kenaikan harga ini sudah setiap tahun yaitu saat menjelang Puasa dan Lebaran pasti naik. Soalnya, biasanya kan orang-orang membutuhkan gula untuk kebutuhan hajatan," jelas dia.

    Selain gula pasir, imbuh dia, harga kebutuhan pokok yang juga naik yaitu minyak goreng namun kenaikannya lebih rendah dibandingkan harga gula pasir. Saat ini harga minyak goreng senilai Rp12.000/liter, padahal sebelumnya hanya Rp11.000/liter.

    Pedagang kebutuhan pokok lain, Lastri, mengatakan kenaikan harga paling tinggi memang gula pasir yang mencapai Rp16.500/kg.

    Menurut dia, kebutuhan pokok yang juga mengalami kenaikan yaitu harga bumbu-bumbu dapur, seperti bawang putih seharga Rp32.000/kg yang sebelumnya hanya Rp20.000/kg.

    Bawang merah senilai Rp40.000/kg dan sebelumnya Rp35.000/kg. Sedangkan untuk cabai rawit seharga Rp14.000/kg dan cabai merah seharga Rp25.000/kg.

    Lestari berharap pemerintah segera turun tangan untuk menstabilkan harga sejumlah barang kebutuhan pokok menjelang Ramadan.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.