HASIL PILKADA KEDIRI : Haryanti-Masykuri Pimpin Kabupaten Kediri Lagi

HASIL PILKADA KEDIRI : Haryanti-Masykuri Pimpin Kabupaten Kediri Lagi Rekapitulasi Pilkada 2015 oleh KPU Kabupaten Kediri, Rabu (16/12/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Prasetia Fauzani)

    Hasil Pilkada Kediri 2015 membuat Haryanti-Masykuri kembali memimpin Kabupaten Kediri.

    Madiunpos.com, KEDIRI — Pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Haryanti-Masykuri dipastikan kembali memimpin Kabupaten Kediri selama lima tahun ke depan, setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat selesai melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2015, Rabu (16/12/2015).

    Calon incumbent Pilkada Kabupaten Kediri 2015 unggul dalam rekapitulasi penghitungan suara. Komisioner KPU Kabupaten Kediri Roni Juliarto mengemukakan pasangan Haryanti-Masykuri mendapatkan 470.918 suara atau 67,35% total suara sah, sementara lawan pasangannya Ari Purnomo Adi dan Arifin hanya dapat 228.311 suara atau 32,65%.

    "Data ini adalah hasil rekapitulasi dari seluruh kecamatan di Kabupaten Kediri dan disetujui semua tim sukses calon. Mereka juga menerima hasil rekapitulasi dan memberikan tanda tangan," katanya.

    Partisipasi Pemilih Rendah
    Jumlah pemilih yang terdata dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Kabupaten Kediri 2015 adalah 1.207.704 yang tersebar di 26 kecamatan. Dari data tersebut, KPU mendata tingkat partisipasi pemilih hanya 60,15%.

    Roni mengakui tingkat partisipasi itu relatif rendah jika dibandingkan dengan target partisipasi yang diharapkan bisa mencapai 75%. Pada Pilkada Kabupaten Kediri 2010 tingkat partisipasi mencapai 63,33%. Sedangkan, pada Pemilu 2014, tingkat partisipasi pemilih 62,78%.

    Ia menduga, rendahnya tingkat partisipasi pemilih Pilkada Kabupaten Kediri 2015 karena adanya perubahan sistem. Untuk kampanye pun saat ini diatur oleh KPU, termasuk penyelenggaraan kampanye terbuka yang juga diatur KPU.

    Selain diatur KPU, ternyata tim pasangan calon tidak memanfaatkan jadwal kampanye akbar yang telah ditentukan oleh KPU. Kondisi itu menyebabkan pilkada seakan sepi. "Dari kajian kami, saat ini kampanye sepi. Paslon pun tidak memanfaatkan kampanye terbuka, jadi sepi sekali," katanya.

    Pilkada Dianggap Sukses
    Walaupun relatif rendah, ia mengatakan pelaksanaan pilkada di Kabupaten Kediri dinilai cukup bagus dan berjalan lancar. Saat ini, KPU masih menunggu rentang waktu, sebelum akhirnya menetapkan hasil penghitungan surat suara tersebut.

    Haryanti-Masykuri sebelumnya memimpin Kabupaten Kediri periode 2010-2015. Haryanti sendiri adalah isri dari mantan Bupati Kediri sebelumnya Sutrisno. Suaminya juga telah menjabat Bupati sampai dua kali, sehingga dengan hasil rekapitulasi ini, praktis keluarga Sutrisno memimpin kabupaten ini selama 20 tahun.



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.