Hati-Hati, Inilah Penyakit yang Mengintai saat Sulit Buang Air Besar

Menunda buang air besar atau sulit buang air besar dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan yang serius.

Hati-Hati, Inilah Penyakit yang Mengintai saat Sulit Buang Air Besar Ilustrasi menahan buang air besar. (klikdokter.com)

    Madiunpos.com, MADIUN --  Buang air besar (BAB) adalah aktivitas yang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini karena makanan yang dikonsumsi tidak semua makanan yang dikonsumsi terserap oleh tubuh dan darah.

    Namun terkadang seseorang mengalami sulit buang air besar atau sembelit. Beberapa faktor yang bisa menyebabkan sulit buang air besar antara lain pola makan yang buruk, kehamilan, menunda buang air besar atau kondisi kesehatan tertentu.

    Selain menimbulkan rasa tidak nyaman di perut, kesulitan buang air besar juga bisa menimbulkan penyakit yang berbahaya dan mengganggu fungsi organ tubuh lainnya.

    Wow! Penjual Tempe di Ponorogo Ini Berhasil Lulus S1

    Dikutip dari liputan6.com, Sabtu (14/11/2020), berikut ini dampak buruk jika menunda dan terlambat mengobati buang air besar

    1. Perut kembung

    Susah buang air besar dapat menyebabkan perut kembung dan perut terasa tidak nyaman. Badan juga akan terasa berat karena kotoran makanan yang seharusnya dikeluarkan tapi malah menumpuk di usus dan perut.

    1. Wasir atau ambeien

    Wasir atau yang sering dikenal ambeien merupakan kondisi dimana pembuluh darah vena di sekitar anus mengalami peradangan atau bengkak. Wasir dapat muncul di dalam rektum atau saluran yang menghubungkan usus besar dengan anus atau sekitar anus (dubur).

    Penyebabnya karena sering dan kelamaan mengejan saat BAB. Jika Anda menemukan BAB berdarah, segera periksakan ke dokter.

    Selain Sakit Gigi, Ini Penyakit yang Juga Menyebabkan Sakit pada Kepala

    1. Hernia

    Bahaya kesulitan BAB adalah menyebabkan penyakit hernia atau dikenal dengan istilah turun berok. Sisa makanan yang tidak terserap dan lama tidak berada dalam perut akan membebani organ-organ tubuh. Jika tiba-tiba ada benjolan di bawah perut yang hilang timbul maupun mengeras terus menerus segera periksakan ke dokter.

    1. Rahim bermasalah

    Jika hernia bisa terjadi pada pria dan wanita, maka masalah sembelit juga dapat berdampak pada rahim. Posisi rahim dapat turun karena tekanan kotoran yang tidak bisa keluar dan mengejan yang terlalu keras.

    1. Radang usus

    Kesulitan dan lama tidak BAB juga berdampak pada kesehatan usus. Kotoran yang terlalu lama mengendap di usus bisa menyebabkan penyakit radang usus. Usus besar mengalami pembengkakan.

    Dalam kondisi radang usus yang parah dan sudah terkena racun-racun makanan dapat memicu timbulnya tumor atau bahkan sampai kanker usus.

    Horor... Pria Surabaya Nyasar ke Sawah Gegara Lihat Penampakan Wanita Berambut Panjang

    1. Gangguan jantung

    Susah BAB bisa memicu kecenderungan untuk mengejan saat BAB. Pada orang dengan riwayat sakit jantung, mengejan bisa memicu dampak sangat fatal dan berbahaya bagi kesehatan jantungnya.

    1. Gagal ginjal

    Orang yang mengalami susah BAB kronis berisiko lebih tinggi mengidap penyakit ginjal dan gagal ginjal. Karena pola makan dan minum yang tidak teratur, menyebabkan racun-racun dari kotoran yang seharusnya keluar malah meracuni organ yang lain.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.