HAUL GUS DUR : Wapres Jadwalkan Hadiri Haul Gus Dur di Tebuireng

HAUL GUS DUR : Wapres Jadwalkan Hadiri Haul Gus Dur di Tebuireng Ilustrasi ziarah makam K.H. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur di Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. (JIBI/Solopos/Antara)

    Haul Gus Dur bakal digelar di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Sabtu (26/12/2016).

    Madiunpos.com, JOMBANG — Wakil Presiden Jusuf Kalla rencananya menghadiri acara haul K.H. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu (26/12/2016).

    "Kami sudah [minta] konfirmasi dan wapres memastikan diri akan hadir di acara haul Gus Dur di Jombang," kata Pengurus Pondok Pesantren Tebuireng Jombang Lukman saat diminta konfirmasi di Jombang, Selasa (22/12/2015).

    Ia mengatakan persiapan acara haul Gus Dur di PP Tebuireng, Kabupaten Jombang sudah maksimal. Selain memastikan kegiatan, panitia juga sudah menyusun jadwal untuk tamu undangan yang akan hadir.

    Lukman mengatakan sejumlah menteri juga direncanakan hadir mendampingi Wapres JK saat menghadiri haul Gus Dur yang juga Presiden ke-4 RI itu. Di antara para menteri yang telah memastikan hadir adalah Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

    Tanpa Sinta Nuriyah
    Selain menteri, sejumlah ulama juga memastikan hadir di antaranya pengasuh PP Al-Anwar Sarang Rembang K.H. Maimun Zubair, K.H. Jamaluddin Ahmad, dan sejumlah kiai lainnya. Jajaran pejabat tingkat provinsi juga dipastikan hadir seperti Gubernur Jatim, Pangdam V/Brawijaya, Kapolda Jatim, dan sejumlah tokoh lainnya.

    Untuk keluarga Gus Dur, Lukman mengatakan sampai saat ini istri Gus Dur, Ibu Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid belum memastikan hadir. Hal itu disebabkan di Jakarta juga ada acara serupa haul Gus Dur. "Kemungkinan putri beliau yang hadir, sebab di Jakarta juga ada acara haul, jadi Bu Sinta tidak hadir. Namun, siapa putrinya yang hadir, kami belum tahu," ujarnya.

    Di Seluruh Jombang
    Untuk rangkaian acara, Lukman mengatakan kegiatan akan dimulai sejak pagi dengan menggelar khataman Alquran. Kegiatan akan dilakukan di pondok, bahkan juga berlangsung di seluruh musala dan masjid di Kabupaten Jombang.

    Puncak acara akan digelar pada malam hari, yang diawali dengan kegiatan pembacaan Surat Yasin dan tahlil, serta selawatan. Selain itu, Wapres juga akan memberikan sambutan yang ditutup dengan doa oleh para kiai.

    Lukman mengatakan kegiatan haul pada tahun ini tidak berbeda dengan haul tahun-tahun sebelumnya. Namun, ia berharap hal itu tidak mengurangi rasa hormat serta takdim pada para sesepuh yang sudah wafat.



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.