IDUL ADHA 2016 : Warga dan Santri Ponpes Tremas Pacitan Pawai dengan Atribut Unik

IDUL ADHA 2016 : Warga dan Santri Ponpes Tremas Pacitan Pawai dengan Atribut Unik Sejumlah santri Pondok Pesantren Tremas, Arjosari, Pacitan, saat membawa miniatur masjid pada takbir keliling Idul Adha 2016, Minggu (12/9/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

    Idul Adha, ratusan warga dan santri Ponpes Tremas selenggarakan takbir keliling.

    Madiunpos.com, PACITAN — Ratusan warga Pacitan mengikuti takbir keliling Idul Adha 2016 di wilayah Kecamatan Arjosari, Minggu (11/9/2016) malam. Takbir keliling Idul Adha sudah menjadi agenda tahunan di wilayah tersebut.

    Pantauan Madiunpos.com di lokasi, Minggu, ratusan orang mengikuti takbir keliling yang dikemas dengan acara pawai dengan mengenakan berbagai mobil hias. Ada yang menghias mobil dengan miniatur masjid, kambing dan sapi, kereta kencana, dan lainnya. Ratusan peserta takbir keliling juga mengenakan berbagai kostum seperti kostum pakaian adat, mukena, dan lainnya.

    Takbir keliling ini dimulai dari Pondok Pesantre Tremas kemudian keliling sekitar wilayah Arjosari dan finish di Ponpes Tremas. Pawai takbir keliling ini juga sempat membuat arus lalu lintas di Jl. Pacitan-Ponorogo terhenti, karena ratusan peserta takbir keliling hampir memenuhi badan jalan.

    Selain ratusan peserta pawai, kegiatan untuk memperingati hari raya Idul Adha tersebut ditonton oleh ribuan masyarakat dari berbagai daerah. Mereka dengan sabar menunggu pawai takbir keliling tersebut di depan rumah dan trotoar jalan.

    Salah seorang panitia, Agus Toro, mengatakan kegiatan takbir keliling Idul Adha diikuti ratusan peserta dari anak-anak hingga dewasa. Takbir keliling diawali dengan pawai dari siswa taman kanak-kanak dan taman pendidikan Quran habis Magrib. Setelah itu, dilanjut rombongan pawai dari masjid dan musala yang ada di wilayah Arjosari. Selain dari masyarakat, pawai takbir keliling juga diikuti santri putra dan putrid dari Ponpes Tremas.

    “Jumlah peserta pawai ada ratusan orang yang terdiri dari sekitar 20 kelompok yang menampilkan berbagai kreativitas masing-masing,” ujar dia kepada Madiunpos.com.

    Dia menuturkan kegiatan takbir keliling itu setiap tahun diselenggarakan untuk memeriahkan Idul Adha. Selain itu, juga untuk mengingatkan umat Islam di Pacitan melaksanakan ibadah salat Idul Adha dan berkurban pada keesokan harinya.

    Seorang warga, Budi, menuturkan berniat menyaksikan takbir keliling di Arjosari sejak beberapa hari lalu. Warga Kecamatan Pacitan ini mengatakan saat Idul Adha kegiatan takbir keliling paling menarik di Arjosari.



    Editor : Anik Sulistyawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.