INFRASTRUKTUR TRENGGALEK : Patah Diterjang Banjir, Jembatan Nglongsor Segera Dibangun Lagi

INFRASTRUKTUR TRENGGALEK : Patah Diterjang Banjir, Jembatan Nglongsor Segera Dibangun Lagi Jembatan di Desa Nglongsor, Trenggalek, putus, Kamis (12/3/2015) lalu. (JIBI/Soloposw/Antara/Sahlan Kurniawan)

    Infrastruktur Trenggalek yakni Jembatan Nglongsor yang patah akan dibangun kembali.

    Madiunpos.com, TRENGGALEK - Anggaran senilai puluhan miliar rupiah siap dikucurkan untuk membangun kembali jembatan Nglongsor, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, yang patah menjadi dua bagian akibat terjangan banjir bandang pada Maret 2015.

    "Saat ini masih dalam tahap persiapan awal agar pembangunan bisa dilaksanakan secepatnya," kata Kepala Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional (BBPJN) V, I Ketut Darmawahana, di Trenggalek, Senin (23/5/2016).

    Dia menambahkan percepatan dilakukan mengacu kebijakan pemerintah untuk membangun kawasan koridor selatan Jatim yang menghubungkan kawasan pesisir selatan dari Trenggalek-Ponorogo-Madiun hingga tembus jalur Solo-Semarang.

    Meski demikian, Ketut tidak mengonfirmasi jumlah anggaran yang dikucurkan pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk membangun kembali Jembatan Nglongsor yang menghubungkan Trenggalek-Ponorogo itu.

    "Jembatan ini menjadi bagian infrastruktur yang menjadi target pembenahan karena mengalami kerusakan di waktu lalu," ujar Ketut.

    Pejabat pembuat komitmen pembangunan Jembatan Nglongsor Hari Basuki Widodo mengatakan saat ini tim teknis fokus memindahkan jembatan bailey ke sisi jembatan lama yang patah.

    Ia mengatakan titik pembangunan akan dipertahankan di atas jembatan lama yang patah.

    "Harus dipindahkan dulu jembatan daruratnya baru bisa dibangun. Paling tidak butuh waktu tiga pekan lagi baru bisa dimulai [pembangunan]," kata dia.

    Menurut Hari, proses yang harus dilakukan terlebih dulu adalah membuat fondasi untuk jembatan bailey. Dia menjelaskan fondasi akan menjadi kuda-kuda penting sebagai tumpuan utama agar jembatan darurat itu tetap bisa dilewati seperti saat ini.

    "Supaya kendaraan ukuran tertentu bisa dengan mudah melintasi jika hendak menuju wilayah barat dan sebaliknya," ujar dia.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.