Inilah Perbedaan Bunga Sakura dan Bunga Tabebuya yang Kembali Mekar di Surabaya

Bunga tabebuya sekilas mirip bunga sakura meski sejatinya kedua bunga ini tak serumpun.

Inilah Perbedaan Bunga Sakura dan Bunga Tabebuya yang Kembali Mekar di Surabaya Inilah perbedaan bunga tabebuya dan bunga sakura. (Youtube @Ranger Merah-Putih)

    Madiunpos.com, SURABAYA – Pohon bunga tabebuya menjadi salah satu pohon yang menghiasi di beberapa jalanan di Kota Surabaya sejak 2010. Bunga tabebuya biasanya bermekaran pada April, Oktober, dan November. Akan tetapi, melansir dari Instagram @surabaya, Selasa (11/8/2020), beberapa hari ini masyarakat Surabaya sudah dapat menikmati keindahan bunga tabebuya yang mulai bermekaran.

    Keindahan bunga tabebuya yang bermekaran ini akan membuat masyarakat yang melihatnya bagaikan berada di Negeri Sakura, Jepang. Bunga tabebuya memang sekilas mirip dengan bunga sakura. Padahal kedua bunga ini tidak satu kerabat.

    Selain berbeda kekerabatannya, apa saja sih perbedaan lainya antara kedua bunga yang cantik dan menawan ini? Berikut informasinya yang dilansir dari kanal Youtube @Ranger Merah-Putih, Selasa (3/12/2019).

    Tiru Keindahan Surabaya, Ratusan Pohon Tabebuya Ditanam di Madiun

    Asal

    Pohon tabebuya dan sakura ternyata berasal dari daerah yang berbeda. Pohon tabebuya berasal dari Brasil. Sementara itu, menurut beberapa sumber, bunga sakura berasal dari Korea Selatan. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa sakura berasal dari Jepang.

    Bunga tabebuya. (twitter/@sapawargasby)

    Jenis pohon besar

    Bunga tabebuya termasuk jenis pohon besar. Jika dibiarkan tumbuh selama puluhan tahun batang pohon bunga tabebuya akan berukuran besar. Sementara itu, pohon sakura termasuk jenis pohon dengan batang kecil.

    Bungan sakura. (unplash.com)

    Daun majemuk

    Pohon tabebuya merupakan pohon yang berdaun majemuk. Pohon tabebuya memiliki anak daun sejumlah 3 helai hingga 9 helai. Berbeda dengan pohon sakura yang berdaun tunggal.

    Bunga sakura. (countryliving.com)

    Mahkota berbentuk terompet

    Ketika bermekaran, mahkota bunga tabebuya berbentuk melekat seperti terompet. Sementara itu, bunga sakura berbentuk berlepasan seperti bunga mawar.

    Terinspirasi Surabaya, 200 Pohon Tabebuya Ditanam di Kota Madiun

    Berbunga sepanjang tahun

    Pohon bunga tabebuya dapat berbunga sepanjang tahun. Bunga tabebuya akan bermekaran lebat pada musim kemarau. Sedangkan, bunga sakura hanya dapat bermekaran di musim semi yaitu antara akhir bulan Maret hingga April.

    Bunga tabebuya. (twitter/@sapawargasby)

    Tersebar di negara tropis dan subtropis

    Pohon tabebuya sudah tersebar di negara tropis dan subtropis mulai dari Meksiko hingga Argentina. Sementara itu, pohon sakura hanya tersebar di negara subtropis, misalnya, Jepang dan China.

     

     

     



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.