INVESTASI JATIM : BKPPM Surabaya Genjot Investasi Sektor UMKM

INVESTASI JATIM : BKPPM Surabaya Genjot Investasi Sektor UMKM Pameran kerajinan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

    Investasi Jatim di Surabaya diarahkan ke sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

    Madiunpos.com, SURABAYA – Badan Koordinasi Pelayanan dan Penanaman Modal (BKPPM) Kota Surabaya berupaya menggenjot peningkatan investasi di sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui fasilitas akses permodalan perbankan.

    Kepala Bidang Kerja Sama dan Promosi BKPPM Surabaya, Witarko Agung Samudera mengatakan jumlah UMKM di Surabaya setiap tahun mengalami peningkatan. Bahkan sepanjang tahun ini, investasi di Surabaya telah banyak dikontribusi oleh sektor UMKM.

    “Tahun depan pun kami yakin bahwa pertumbuhan penanaman modal akan lebih banyak dikontribusi oleh sektor UMKM karena perkembangannya yang pesat dalam beberapa tahun terakhir ini,” katanya seusai acara konsolidasi perencanaan penanaman modal daerah, Rabu (25/11/2015).

    Berdasarkan data BKPPM Kota Surabaya, realisasi investasi di sepanjang tahun ini sudah mencapai Rp2 triliun atau sudah mencapai 90% dari target investasi Surabaya 2015. “Masih ada waktu di akhir tahun ini bisa dikejar targetnya, dan kami yakin bisa terus bertambah sesuai angka yang diharapkan,” imbuh Witarko.

    Witarko menuturkan, meski tergolong pesat pertumbuhannya, tetapi sektor UMKM kerap mengalami kendala, misalnya keterbatasan akses pasar alias sistem marketing, hingga kualitas produk yang belum mampu memenuhi keinginan pasar. “Selain itu yang sering terjadi adalah kurang tertibnya pelkau usaha terhadap manajemen keuangan, pembukuan dan adimistrasi serta kurangnya akses permodalan,” imbuhnya.

    Guna mendorong realisasi investasi di sektor UMKM, lanjut Witarko, pihaknya berupaya memberikan fasilitas akses kepada perbankan dan perusahaan lain yang skalanya lebih besar agar UMKM mampu belajar dan berkembang.



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.