KEMACETAN BATU : Polres Batu Desak Pemkot dan Pemprov Lebarkan Jalan

KEMACETAN BATU : Polres Batu Desak Pemkot dan Pemprov Lebarkan Jalan Situasi daya tarik wisata Kota Batu (kampunglumbung.com)

    Kemacetan Batu mengancam kenyamanan wisatawan, kepolisian setempat mendesak pelebaran jalan.

    Madiunpos.com, BATU — Kepala Polisi Resor (Polres) Batu, Jawa Timur Windiyanto Pratomo meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Batu segera berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) untuk mengupayakan pelebaran jalan di wilayah itu.

    Menurut Windiyanto Pratomo, upaya pelebaran jalan perlu segera diupayakan, utamanya pada poros utama yang kerap menjadi titik sentral kemacetan lalu lintas. “Pemkot Batu perlu segera mengupayakan adanya pelebaran jalan di jalur protokol yang kerap menjadi titik kemacetan khususnya pada saat musim liburan,” kata Windiyanto, Jumat (9/1/2015).

    Dengan adanya pelebaran jalan itu, Kapolres Windiyanto Pratomo berharap Kota Batu ke depan tidak menjadi kota macet seperti yang terjadi di kota besar lain, seperti Surabaya, Bandung dan Jakarta.

    Sebagai ikon daerah tujuan wisata di Jatim kondisi infrastruktur jalan di Kota Batu belum mendukung. Sehingga tidak heran jika setiap musim libur tiba bahkan di libur akhir pekan saja, jalanan di Batu kerap dilanda kemacetan.

    “Pasalnya dengan semakin berkembangnya sektor pariwisata belum diimbangi dengan perbaikan infrastruktur jalan,” jelas dia.

    Akibatnya, lanjut dia, saat ribuan wisatawan masuk Kota Batu, jalanan sudah tidak mampu lagi menampung kendaraan bermotor utamanya roda empat dan bus. Karena itu pihaknya meminta kepada Pemkot Batu agar segera merapat ke Pemprov Jatim.

    Tujuannya agar Kota Batu mendapat prioritas perbaikan infrastruktur jalan baik pelebaran jalan di jalur protokol maupun jalan sejumlah jalur alternatif yang ada. “Syukur jika rencana Pemkot Batu untuk membuat jalan alternatif baru yakni dari Jl. Sutan Hasan Halim di Kelurahan Sisir tembus ke Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji segera terealisasi. Sehingga penumpukan kendaraan di jalur utama bisa dipecah atau dialihkan,” ujarnya.

    Natalina Iriyanto, Operasional Manager Kampung Lumbung Hotel and Boutique Kota Batu, mengatakan masalah kemacetan di Kota Batu memang perlu mendapat perhatian serius Pemkot Batu. “Karena yang menjadi keluhan sebagian besar tamu hotel maupun wisatawan adalah kemacetan. Seperti saat libur Natal dan Tahun Baru lalu misalnya, waktu mereka banyak dihabiskan di jalan karena terjebak kemacetan panjang. Selain itu wisatawan juga mengaku tidak leluasa berwisata,” tambah dia.

     



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.