KPU Jatim Telusuri Calon Kepala Daerah Positif Covid-19, Siapa Ya?

Anggota KPU Jatim Insan Qoriawan membenarkan seorang calon kepala daerah di Pilkada Serentak 2020 yang mendaftar dinyatakan positif Covid-19.

KPU Jatim Telusuri Calon Kepala Daerah Positif Covid-19, Siapa Ya? Ilustrasi--Pilkada Serentak 2020.

    Madiunpos.com, SURABAYA - Seorang calon kepala daerah di Jawa Timur diketahui ada yang positif Covid-19. Apakah yang bersangkutan ikut hadir saat mendaftarkan diri ke KPU?

    Anggota KPU Jatim Insan Qoriawan sebelumnya membenarkan seorang calon di Pilkada Serentak 2020 yang mendaftar dinyatakan positif. Namun, Insan menyebut akan mengecek lagi apakah calom tersebut datang langsung ke KPU saat proses pendaftaran.

    "Saya belum cek lagi apakah yang bersangkutan hadir atau tidak. Karena saya baru menerima informasi mengenai hasil swab dari para bapaslon [bakal pasangan calon] yang menyerahkan, satu katanya positif," kata Insan saat dihubungi di Surabaya, Senin (7/9/2020).

    Pengajuan Perceraian di PA Surabaya Membeludak, Antrean Capai 500 Meter

    Sementara saat ditanya apakah hasil swab positif tersebut merupakan hasil yang dikumpulkan saat mendaftar, atau hasil swab waktu tes kesehatan, Insan menyebut hasil ini yang dikumpulkan oleh calon saat mendaftar ke KPU. "Itu hasil swab yang diserahkan saat pendaftaran kemarin," tambahnya.

    Sebelumnya, anggota di Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jatim ini mengatakan ada informasi yang menyebut satu orang calon kepala daerah positif Covid-19.

    "Informasinya begitu sih, tapi saya belum cek lagi kepastiannya. Tapi kabarnya laporannya begitu. Satu orang, sepanjang laporan ini ada satu orang. Tapi akan saya cek lagi," kata Insan.

    Tragis! Bayi 11 Bulan Meninggal di Kolam Ikan saat Ditinggal Ibunya Fotokopi

     

    37 Positif Covid-19

    Saat disinggung terkait calon di kabupatan atau kota mana, Insan menyebut masih akan dicek kembali. Yang jelas, dia membenarkan ada satu orang yang dilaporkan positif Covid-19. "Daerah mana ya? Coba nanti saya tanyakan lagi, saya pastikan. Karena ini masih rapat," imbuhnya.

    Dari informasi yang dihimpun, KPU pusat mencatat ada 37 calon kepala daerah dinyatakan positif Covid-19. Data ini didapat dari hasil tes swab yang dilakukan dalam rangka pendaftaran calon kepala daerah di pilkada Jatim.

    Terpaparnya puluhan calon kepala daerah oleh Covid-19 itu disampaikan Ketua KPU Arief Budiman dalam jumpa pers yang disiarkan Facebook KPU, Senin (7/9/2020) dini hari. Data itu disampaikan seusai pendaftaran bakal calon kepala daerah ditutup.

    Pembelajaran Tatap Muka Perdana SMA di Tegal , Begini Suasananya

    "Bakal calon yang dinyatakan positif berdasarkan pemeriksaan swab test-nya sebanyak 37 calon, jadi 37 orang," kata Arief.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.