LAGU ANAK-ANAK : Awas, VCD Anak-Anak ini Bisa Picu Puberitas Dini

LAGU ANAK-ANAK : Awas, VCD Anak-Anak ini Bisa Picu Puberitas Dini Seorang anak membeli CVD di Kota Madiun (JIBI/Solopos/Aries Susanto)

    Lagu anak-anak yang banyak dijual di toko VCD dan lapak-lapak PKL tak semuanya aman ditonton. Sebagian bahkan bisa memicu puberitas dini.

    Madiunpos.com, KOTA MADIUN – Jika mengunjungi lapak-lapak PKL yang berjualan video compact disc (VCD), masyarakat akan sangat mudah mendapatkan lagu-lagu atau film yang bertema anak-anak. Tapi siapa sangka tak semua VCD kanak-kanak itu tak aman ditonton oleh anak-anak.

    Itulah sebabnya para orang tua harus ekstra hati-hati. Kaset-kaset VCD yang bertema anak-anak itu ternyata sebagian isinya disisipi lagu-lagu dengan lirik orang dewasa.

    Penelusuran Madiun Pos, kaset VCD berisi lagu anak-anak sebagian disisipi lagu dewasa. Sebutlah di antaranya Goyang Dumang, Goyang Morena, atau Sakitnya Tuh di Sini yang liriknya mengulas tema percintaan dan perselingkuhan.  Anehnya, lagu-lagu tersebut berada dalam satu paket lagu anak-anak seperti Malu Sama Kucing, Kucing Meong-Meong, atau Odong-Odong.

    Demi menyamarkan kesan video penari yang tak senonoh, gambar dalam kaset tersebut diganti gambar kartun. Meski demikian, latar belakang lagu-lagu tersebut tetap penari perempuan-perempuan berdandan seksi.

    Dosen Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) IKIP Madiun, Sofia Nur Afifah, menjelaskan lagu anak-anak berisi lirik orang dewasa bisa menghancurkan perkembangan psikologis anak-anak. Bahkkan, anak yang sudah terbiasa mengonsumsi lagu-lagu berisi lirik dan gambar orang dewasa akan mengalami puberitas dini.

    “Anak tersebut menjadi dewasa sebelum waktunya. Ini membahayakan perkembangan jiwa anak-anak,” paparnya saat ditemui Madiun Pos di Kampus IKIP Madiun, Sabtu (14/2/2015).

    Puberitas dini, kata Sofia, akan merembet pada sikap anak menjadi tak mau bergaul dengan rekan seusianya lantaran ingin selalu tahu masalah orang dewasa. Celakanya, anak-anak hilang masa anak-anaknya lantaran sudah kecanduan dunia orang dewasa yang ia kenal melalui tontonan-tontonan memabukkan itu.

    “Yang berbahaya itu akan mencoba hal-hal yang membuatnya penasaran, padahal belum waktunya. Ini mestinya diwaspadai para orang tua,” paparnya.

     

    KLIK dan LIKE di sini untuk update informasi Madiun Raya.



    Editor : Aries Susanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.