LAYANAN PEMBUATAN SIM : 6 Daerah di Jatim Kekurangan Material SIM, Ini Langkah Polisi...

LAYANAN PEMBUATAN SIM : 6 Daerah di Jatim Kekurangan Material SIM, Ini Langkah Polisi... Ilustrasi SIM (halopolisi.com)

    Layanan pembuatan SIM di enam daerah di Jatim terhambat kekurangan material.

    Madiunpos.com, SURABAYA — Enam daerah di Jawa Timur (Jatim) kekurangan material surat izin mengemudi (SIM). Defisit material dalam layanan pembuatan SIM berdasarkan data Direktoral Lalu Lintas Polda Jatim kini mencapai 400.000 lembar.

    Kasubdit Regident Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim, AKBP Budi Mulyanto, menjelaskan secara detail, daerah yang mengalami masalah dalam layanan pembuatan SIM karena kekurangan material itu adalah Kabupaten Ponorogo yang kekurangan 2.900 material SIM, Kabupaten Tulungagung kurang sekitar 2.400 lembar, Kabupaten Ngawi kurang 1.900 lembar, Kabupaten Bangkalan kurang 206 lembar, Kabupaten Sumenep kurang 690 lembar, dan Kabupaten Probolinggo kurang 51 lembar.

    “Ada juga daerah yang stok material SIM-nya sudah menipis, seperti Kabupaten Jombang yang hanya memiliki persediaan 106 lembar. Sementara itu, beberapa daerah lain juga tersisa 200-an lembar. Kami memprioritaskan untuk menyelesaikan kekurangan material SIM di enam daerah yang minus itu," kata Budi seperti diberikatan Detikcom, Senin (10/8/2015).

    Budi menerangkan faktor kekurangan material dalam layanan pembuatan SIM karena rencana kebutuhan yang disampaikan polres ke Korps Lalu Lintas (Korlantas) tidak sesuai dengan data permohonan SIM. Namun, lanjut dia, kesalahan itu biasanya jarang terjadi lantaran rencana kebutuhan selalu disesuaikan dengan data statistik penduduk di setiap daerah.

    Selain tidak sesuai dengan data pemohon, menurut Budi, kekurangan material dalam layanan pembuatan SIM juga mungkin terjadi karena masalah teknis pengadaan barang dan jasa dari Korlantas Mabes Polri. ”Kami sudah melakukan langkah-langkah administrasi dan operasional untuk mengatasi kekurangan material SIM. Insya Allah September mendatang tidak ada hambatan terkait distribusi SIM. Ini terkait [langkah] di atas kertas, saya tidak bicara faktor x di luar manusia," terang Budi. (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Madiunpos.com)

     



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.