Menpan RB Tiadakan Perekrutan CPNS Tahun Ini

Mentan RB memastikan tidak ada perekrutan CPNS di tahun ini.

Menpan RB Tiadakan Perekrutan CPNS Tahun Ini Para peserta tes SKD CPNS Pemkab Madiun di Gedung Expotarium Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Rabu (26/2/2020). (Istimewa/Pemkab Madiun)

    Madiunpos.com, JAKARTA -- Bagi Anda yang berniat mendaftar jadi CPNS tahun ini siap-siap gigit jari. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo, memastikan tidak ada perekrutan CPNS tahun ini. Begitu juga dengan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

    Pandemi Corona membuat rencana itu batal, kecuali untuk jabatan khusus seperti Akademi Polisi dan Akademi Militer yang tetap berjalan seperti biasa.

    "Perekrutann CPNS 2 tahun ini tidak ada kecuali kedinasan yang memang sudah terprogram seperti Akpol, Akmil itu ada. Yang lain (CPNS dan PPPK) itu tetap di 2021," ungkap Tjahjo ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Senin (6/7/2020), seperti dikutip detik.com.

    Ada Santri Positif Covid-19, Ponpes Gontor Lakukan Isolasi Wilayah

    Terkait tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi tahun 2019 yang sempat ditunda karena COVID-19, rencananya digelar Agustus 2020. "Jadwal SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) rencana dilakukan pada akhir Agustus hingga awal Oktober atau setelah ujian seleksi sekolah kedinasan selesai," ujar Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria.

    Meski begitu, Bima memastikan proses seleksi CPNS 2019 ini akan tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan ketat. Serta, jadwal itu masih memungkinkan berubah dengan tetap menyesuaikan status kedaruratan virus Corona (COVID-19) di Indonesia.

    Ada Kejanggalan Kasus Pembuangan Bayi di Pacitan

    Mekanisme Pelaksanaan Tes

    Selain itu, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) juga akan berkonsultasi dengan Gugus Tugas Covid-19 pusat dan daerah terkait diadakannya penyelenggaraan SKB tersebut. "Panselnas akan tetapkan lokasi ujian yang meminimalisasi pergerakan peserta, karena potensi pergerakan peserta kemungkinan bisa lintas kabupaten/kota, provinsi, atau bahkan harus ke Jakarta," katanya.

    Saat ini, BKN sedang membuat surat edaran baru terkait mekanisme lanjutan seleksi CPNS berdasarkan aturan yang dikeluarkan Menteri Kesehatan.

    "BKN sedang siapkan Surat Edaran Kepala BKN terkait mekanisme seleksi dengan computer assisted test (CAT) yang kedepankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID sesuai keputusan Menkes tentang panduan pencegahan di tempat kerja perkantoran," tandasnya.

    Viral Tambal Ban Rp600.000, Berakhir Saling Memaafkan

    Untuk diketahui, seleksi CPNS formasi tahun 2019 seharusnya selesai pada Mei lalu. Namun, karena pandemi COVID-19, Panselnas memutuskan SKB PNS ditunda sementara sampai kondisi memungkinkan. Sementara ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) telah dimulai 27 Januari dan berakhir 10 Maret 2020 lalu.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.