MUSIM KEMARAU : Suhu Capai 34 Derajat Celcius, Konsumsi Air Surabaya Naik 5%

MUSIM KEMARAU : Suhu Capai 34 Derajat Celcius, Konsumsi Air Surabaya Naik 5% Ilustrasi air PDAM (JIBI/Solopos.com/Dok.)

    Musim kemarau meningkatkan suhu Kota Surabaya.

    Madiunpos.com, SURABAYA — Perusaahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya memprediksi akan terjadi peningkatan konsumsi air hingga 5% selama musim kemarau ini.

    Kepala Humas PDAM Surya Sembada, Ari Bimo Sakti, menjelaskan konsumsi air pelanggan PDAM Surabaya rerata mencapai 140 liter/hari. Memasuki musim kemarau yang menyebabkan suhu udara Kota Surabaya mencapai 33 derajat hingga 34 derajat Celsius, konsumsi air diperkirakan bisa mencapai 180 liter/hari atau mencapai total 214 juta meter kubik untuk seluruh pelanggan.

    "Konsumsi sampai 180 liter itu di atas batas normal. Ini karena cuaca Surabaya sedang panas-panasnya, dan warga lebih banyak menggunakan air untuk mandi maupun menyiram halaman rumahnya," katanya, Selasa (2/6/2015).

    Meski diperkirakan konsumsi air meningkat, PDAM Surabaya memastikan pasokan air masih dapat memenuhi kebutuhan pelanggannya yang mencapai 525.000 pelanggan atau 92% penduduk Surabaya. Adapun pasokan air sebanyak 97% berasal dari air permukaan yang disuplai oleh Perum Jasa Tirta, sedangkan 3% dipasok dari mata air Umbulan Pasuruan.

    Diketahui Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda menyatakan bahwa pada akhir Mei 2015 telah memasuki musim kemarau. Diperkirakan, dalam satu minggu ke depan suhu udara Kota Surabaya bakal mencapai 33-34 derajat celsius, yang merupakan suhu normal Kota Surabaya saat memasuki kemarau.



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.