Pabrik Baru PT Inka akan Dibangun di Banyuwangi Senilai Rp600 Miliar

Pabrik Baru PT Inka akan Dibangun di Banyuwangi Senilai Rp600 Miliar Logo PT Inka (alumni.unsoed.ac.id)

    PT Inka akan membangun pabrik baru di Banyuwangi.

    Madiunpos.com, MADIUN -- PT Industri Kereta Api (Persero) merealisasikan pembangunan pabrik baru di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Untuk tahap awal, PT Inka yang berkantor di Madiun kini tengah memproses pembebasan lahan.

    "Untuk parik di Banyuwangi, saat ini proses pembangunan masih dalam tahap pembebasan lahan," ujar Direktur Utama PT Inka (Persero) Budi Noviantoro kepada wartawan, Minggu (21/1/2018).

    Dia menambahkan nantinya fasilitas dan kapasitas produksi pabrik Inka yang ada di Kabupaten Banyuwangi akan lebih besar dari pada pabrik lama di Kota Madiun.

    Adapun di pabrik lama Madiun, Inka menempati area seluas 22 hektare, sedangkan pabrik di Banyuwangi diproyeksikan dibangun di area seluas 80 hektare.

    Budi mengatakan rencana pembangunan fisik pabrik di Banyuwangi dimulai pada semester kedua tahun 2018. Dan jika tidak ada halangan, pabrik baru tersebut ditargetkan beroperasi pada tahun 2019.

    Sebelumnya, pada akhir tahun 2017 lalu, manajemen PT Inka (Persero) menyatakan hendak membangun pabrik baru di Kabupaten Banyuwangi dengan nilai investasi mencapai Rp600 miliar.

    Dipilihnya lokasi di Kabupaten Banyuwangi karena daerah tersebut dekat dengan pelabuhan dan upah pekerja masih rendah. Dengan demikian, biaya produksi yang dikeluarkan PT Inka (Persero) akan lebih murah.

    Budi menambahkan jika telah beroperasi, rencananya pabrik di Banyuwangi akan menjadi fasilitas produksi kereta yang utama. Sedangkan pabrik di Madiun dijadikan fasilitas pendukung atau perawatan.

    PT Inka (Persero) saat ini sedang menggarap berbagai jenis kereta pesanan, baik dalam negeri maupun luar negeri (ekspor). Untuk dalam negeri, sejumlah kereta yang saat ini sedang digarap di antaranya, kereta Bandara Minangkabau, Padang dan Bandara Adi Soemarmo Solo.

    Selain itu juga peremajaan 438 unit kereta penumpang kelas tiga dan satu pesanan PT KAI (Persero). Dan yang terbaru, PT Inka (Persero) mendapatkan proyek pembuatan 'Light Rail Transit' (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek).

    Sedangkan di pasar ekspor, Inka menggarap kereta penumpang pesanan Bangladesh Railways untuk yang ketiga kalinya, juga kereta pesanan Zimbabwe, dan saat ini juga sedang mempersiapkan untuk kerja sama dengan Sri Lanka dan Filipina.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.