PENDIDIKAN LAMONGAN : Bupati Fadeli Minta Disdik Rumuskan Kurikulum Wawasan Kebangsaan

PENDIDIKAN LAMONGAN : Bupati Fadeli Minta Disdik Rumuskan Kurikulum Wawasan Kebangsaan Bupati Lamongan Fadeli (wikipedia)

    Pendidikan Lamongan, Bupati ingin menyematkan kurikulum tentang wawasan kebangsaan.

    Madiunpos.com, LAMONGAN -- Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Lamongan diminita membuatkan kisi-kisi kurikulum tentang wawasan kebangsaan. Hal itu untuk membantu lembaga pendidikan agama seperti pondok pesantren (ponpes) agar memiliki peran dalam upaya mencegah terorisme.

    "Dinas Pendidikan bisa membantu dengan memberikan kisi-kisi kurikulum ini, dan lebih efektif daripada harus melakukan sertifikasi dai, yang nanti malah bisa menimbulkan resistansi," kata Bupati Lamongan Fadeli dalam keterangan tertulisnya di Lamongan, Senin (10/4/2017).

    Fadeli sebelumnya mengapresiasi jajaran kepolisian yang membuat langkah preventif atau pencegahan tindakan terorisme. "Kedepan, saya harap ada langkah preventif dalam pendidikan. Sehingga tidak ada lagi anak bangsa yang salah kaprah dalam menerjemahkan berjuang dalam agama," ucapnya.

    Langkah preventif lain, kata Fadeli, bisa dilakukan dengan membantu lembaga pendidikan keagamaan untuk menerapkan kurikulum tentang wawasan kebangsaan dan NKRI.

    Fadeli mengaku dalam waktu dekat pihaknya akan secara rutin menggelar operasi yustisi dengan sejumlah lintas intansi terkait di wilayah Lamongan.

    "Perlu menumbuhkan kembali kepekaan sosial. Bukan untuk menumbuhkan sikap negatif dengan saling curiga, namun agar kita peka sehingga jika ada warga tidak dikenal berada di kampungnya, agar berinisiatif untuk melapor," tutur dia.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.