PILKADA 2015 : 100 Polisi Amankan Rekapitulasi Pilkada Kabupaten Blitar

PILKADA 2015 : 100 Polisi Amankan Rekapitulasi Pilkada Kabupaten Blitar Rekapitulasi suara Pilkada Kabupaten Blitar 2015 di Kecamatan Garum, Jumat (11/12/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Irfan Anshori)

    Pilkada 2015 di Kabupaten Blitar memasuki tahap rekapitulasi suara tingkat KPU.

    Madiunpos.com, BLITAR — Sebanyak 100 personel Kepolisian Resor Blitar, Jawa Timur diturunkan mengamankan proses penghitungan atau rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2015 tingkat kabupaten yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar. Pilkada Kabupaten Blitar 2015 adalah pilkada dengan pasangan calon tunggal.

    "Seluruh anggota sudah disiagakan di lokasi penghitungan, bahkan sejak tadi malam sudah sterilisasi," kata Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Blitar AKP Wisnu Wardhana di Blitar, Rabu (16/12/2015).

    Ia mengatakan, sejauh ini, tak ada laporan adanya unjuk rasa ataupun pergerakan massa dalam proses rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada Kabupaten Blitar 2015 itu. "Sampai saat ini masih landai. Namun, kami juga melakukan pengamanan dengan pola ring, ada ring I, II, dan sampai sekarang belum ada laporan unjuk rasa," ujarnya.

    KPU Kabupaten Blitar mengagendakan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada Kabupaten Blitar 2015 di salah satu hotel di Kota Blitar. KPU juga mengundang tim pasangan calon untuk menghadiri proses rekapitulasi tersebut.

    Komisioner KPU Kabupaten Blitar Nikmatus Sholikah mengatakan proses rekapitulasi hasil penghitungan surat suara di tingkat kecamatan oleh panitia pemilihan kecamatan (PPK) sudah selesai sejak Sabtu (12/12/2015). Seluruh logistik hasil rekapitulasi itu juga sudah disimpan di gudang KPU.

    Pilkada Lancar
    KPU juga mengklaim pelaksanaan pilkada di kabupaten ini berjalan dengan lancar, walaupun terdapat beberapa kekurangan misalnya soal surat suara. KPU melakukan upaya dengan maksimal agar pelaksanaan pilkada berjalan dengan tertib dan lancar.

    Pilkada di Kabupaten Blitar diikuti satu pasangan calon, yaitu calon Bupati-Wakil Bupati yaitu Rijanto yang wakil bupati Blitar dan Marhaenis. Keduanya didukung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerindra.

    Pilkada di Kabupaten Blitar diikuti 964.928 pemilih yang tersebar di seluruh kecamatan. Dalam pilkada ini, KPU juga menargetkan partisipasi pemilih mencapai 75%, lebih tinggi dari target partisipasi dalam pemilu sebelumnya yang hanya 72%.

    Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) DPC PDIP Kabupaten Blitar mengklaim pasangan ini unggul dengan perolehan suara 78%. Hasil ini diklaim tingkat kevalidannya sampai 99%. Selain perolehan suara yang menyatakan setuju, juga diketahui warga yang menyatakan tidak setuju 14%, dan suara tidak sah mencapai 8%. Data itu hasil rekapitulasi dari 22 kecamatan di Kabupaten Blitar.

     



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.