PILKADA 2015 : 2 Pasangan Calon Pilkada Pacitan Lolos Tes Kesehatan

PILKADA 2015 : 2 Pasangan Calon Pilkada Pacitan Lolos Tes Kesehatan Ketua KPU Kabupaten Pacitan, Damhudi. (Julian Tondo Wisudo/JIBI/Madiunpos.com)

    Pilkada 2015 untuk wilayah Kabupaten Pacitan di ambang pintu, dua pasangan calon dinyatakan lolos tes kesehatan.

    Madiunpos.com, MADIUN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan menyatakan Pilkada 2015 bisa dilanjutkan ke tahapan selanjutnya setelah dua pasangan calon bupati dan wakil bupati dinyatakan lolos tes kesehatan oleh tim dokter. KPU mendapatkan keterangan resmi dari tim dokter pemeriksa para pasangan calon itu, Jumat (14/8/2015) lalu.

    Ketua KPU Kabupaten Pacitan, Damhudi, membenarkan kabar lolosnya kedua bakal pasangan calon yang mengikuti tes kesehatan di Rumah Sakit dr. Soetomo, Surabaya. "Kedua bakal pasangan calon, memang lolos tes kesehatan. Hal tersebut dikuatkan dengan surat keterangan dari tim dokter yang disampaikan ke KPU," ujarnya, di sela-sela kegiatan verifikasi dokumen bakal pasangan calon, Minggu (16/8/2015).

    Menurut mantan pegiat lembaga swadaya masyarakat (LSM) itu, dari kedua pasangan calon tersebut tidak satu pun yang mengikuti pemeriksaan pendalaman. "Sehingga bisa disimpulkan kalau mereka memang sehat jasmani dan rohani," tegasnya.

    Damhudi menambahkan, meskipun tidak ada perincian secara detil seputar pemeriksaan kesehatan terhadap pasangan calon, namun hal paling mendasar bahwa pasangan calon harus sehat rohani. Ketentuan tersebut bisa dikatakan sebagai syarat fundamental untuk mengikuti Pilkada 2015 di Kabupaten Pacitan. Sebab, imbuhnya, tidak akan mungkin tim dokter memberikan rekomendasi jika pasangan calon tidak memenuhi syarat tersebut. "Sehat rohani memang hal paling krusial dan mendasar," tuturnya.

    Terkait agenda medical test bagi pasangan calon, KPU telah mengalokasikan anggaran senilai Rp 7 juta untuk masing-masing bakal calon. Kecuali apabila harus dilakukan pendalaman, semua pembiayaan harus dibiayai sendiri oleh sang calon. "Tapi Alhamdulillah, mereka lolos pada tes utama dan tidak harus mengikuti pendalaman," pungkasnya. (Julian Tondo Wisudo/JIBI/Madiunpos.com)

     

    KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.