PILKADA 2015 : DPRD Umumkan Pemenang Pilkada Lamongan

PILKADA 2015 : DPRD Umumkan Pemenang Pilkada Lamongan Ilustrasi pemungutan suara pemilu (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

    Pilkada 2015 di Kabupaten Lamongan telah diumumkan hasilnya oleh DPRD setempat.

    Madiunpos.com, LAMONGAN — DPRD Kabupaten Lamongan, Kamis (21/1/2016), mengumumkan pemenang pemilihan umum kepala daerah (pilkada) wilayah setempat yang pemungutan suaranya digelar 9 Desember 2015 lalu.

    Pengumuman hasil Pilkada 2015 itu dilakukan DPRD Lamongan melalui mekanisme Rapat Paripurna Istimewa setelah sebelumnya menerima surat hasil rekapitulasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ketua DPRD Lamongan Kaharudin mengatakan pengumuman pemenang Pilkada 2015 di Kabupaten Lamongan itu merupakan syarat prosedural dalam pengusulan dan pengesahan pengangkatan bupati dan wakil bupati, yang selanjutnya akan disampaikan ke Mendagri melalui gubernur.

    Ia menjelaskan, sebelumnya, KPU telah mengeluarkan keputusan yang menyebutkan pasangan calon bupati dan wakil bupati Lamongan tahun 2015 nomor urut 2 Fadeli dan Hj Kartika Hidayati mendapatkan perolehan suara sebanyak 448.833 suara atau 71,14 persen dari suara sah.

    Berdasarkan hal itu, kata Kaharudin, KPU Lamongan menetapkan pasangan calon dan wakilnya sebagai pimpinan kepala daerah terpilih hasil pemilihan tahun 2015. "Dengan adanya pengumuman ini, surat akan diteruskan ke Mendagri yang nantikan akan diturunkan kembali keputusan pelantikkan pasangan calon terpilih, dan menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lamongan periode 2016-2021," katanya.

    Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan Ahmad Ghozali, sebelumnya mengatakan jumlah pemilih Pilkada Lamongan sebanyak 1.082.261 orang, dengan jumlah PPK sebanyak 27 kecamatan. Sebelumnya, pada proses perhitungan suara pasangan nomor urut 2 yang juga petahana unggul 71%, sementara nomor urut 1 hanya mendapatkan suara 2%, dan nomor urut 3 mendapatkan suara 26%.

    Pilkada Lamongan 2015 diikuti tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati, yakni pasangan nomor 1 yakni Mujianto-Sueb (Jos), nomor 2 Fadeli-Kartika Hidayati (Fakta) dan nomor 3 Nursalim-Edy Wijaya (Sae).



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.