PILKADA 2015 : KPU Ngawi Perbaiki Ribuan Kotak Suara

PILKADA 2015 : KPU Ngawi Perbaiki Ribuan Kotak Suara Ilustrasi kotak suara (JIBI/Solopos/Dok.)

    Pilkada 2015 di Ngawi bergulir ke tahapan persiapan alat pemungutan suara.

    Madiunpos.com, NGAWI — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ngawi, Jawa Timur mulai memperbaiki ribuan kotak suara yang akan digunakan untuk pelaksanaan Pilkada 2015 di daerah setempat yang pemungutan suaranya dijadwalkan 9 Desember mendatang.

    Ketua KPU Ngawi Syamsul Wathoni, di Ngawi, Senin, mengatakan, jumlah kotak suara yang dibutuhkan untuk Pilkada Ngawi mendatang mencapai 1.800 buah dengan masing-masing TPS nantinya diberikan satu buah kotak suara.

    "Kotak suara yang diperbaiki tersebut adalah inventaris KPU sisa penyeleggaraan pilkada sebelumnya," ujar Syamsul Wathoni kepada wartawan.

    Adapun, kotak suara yang akan digunakan pada pilkada nanti, dipilih kotak suara yang terbuat dari logam dan bukan karton. Hal itu karena kotak suara dari logam lebih aman saat pengangkutan, terlebih saat hujan.

    Menurut dia, rata-rata kerusakan ribuan kotak suara tersebut disebabkan karena proses penyimpanan yang cukup lama. Kerusakan pada umumnya disebabkan karena ringsek ataupun baut yang lepas.

    Selain memperbaiki kotak suara, KPU setempat juga memperbaiki bilik suara. Adapun, jumlah bilik suara yang dibutuhkan untuk Pilkada Ngawi mendatang mencapai 5.400 buah dengan masing-masing TPS nantinya diberikan tiga bilik.

    Borongan
    Wathoni menambahkan, perbaikan kotak suara dan bilik suara tersebut dilakukan dengan sistem borongan. Setiap kotak suara dan bilik suara yang diperbaiki, para pekerja borongan akan dibayar Rp2.700.

    Perbaikan kotak dan bilik suara tersebut ditargetkan bisa selesai pada pekan depan, sehingga KPU dapat segera melakukan pengepakan dan pendistribusian logistik ke PPK pada tanggal 29 November mendatang.

    Seperti diketahui, Pilkada Ngawi 2015 akan diikuti oleh dua pasangan calon. Yakni, nomor urut satu pasangan petahana, Budi Sulistyono-Ony Anwar, yang didukung oleh PDIP, Partai Golkar, PKS, PKB, Partai Gerindra, PAN, Partai Nasdem, Partai Hanura, serta Partai Demokrat. Peserta dengan nomor urut dua adalah pasangan dari jalur perseorangan, Agus Bandono-Adi Susilo. Kedua pasangan akan bertarung merebut simpati masyarakat Ngawi pada pemungutan suara yang digelar 9 Desember mendatang.

     



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.