POR SD JATIM : 4.000 Pelajar SD/MI Se-Jatim Bersaing di POR

POR SD JATIM : 4.000 Pelajar SD/MI Se-Jatim Bersaing di POR Dua peserta cabang olahraga tenis meja bermain di babak Empat Besar untuk memperebutkan tiket semifinal di POR SD Jatim di Tulungagung, Selasa (3/11/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Destyan H. Sujarwoko)

    POR SD Jatim di Kabupaten Tulungagung diikuti 4.000 pelajar.

    Madiunpos.com, TULUNGAGUNG — Lebih dari 4.000 pelajar sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah dari 37 kabupaten dan kota se-Jawa Timur bersaing ketat memperebutkan gelar juara di ajang pekan olahraga (POR) SD tingkat provinsi yang digelar di Kabupaten Tulungagung, Senin-Jumat (2-6/11/2015).

    "Dari 38 kota/kabupaten di Jatim, hanya Kabupaten Magetan yang absen terlibat dalam even dua tahunan ini. Jumlah peserta yang terlibat dalam POR SD se-Jatim ini secara keseluruhan mencapai 4.300-an pelajar dari 37 kabupaten/kota se-Jatim," kata Kabid Olahraga Prestasi Dinas Pemuda dan Olahraga Jatim Haris Ramadhan di Tulungagung, Selasa (3/11/2015).

    Ia tidak menjelaskan lebih lanjut alasan ataupun penyebab ketidakikutsertaan kontingen dari Kabupaten Magetan tersebut. Haris hanya memastikan kepesertaan dalam kegiatan POR SD se-Jatim 2015 yang digelar di Kabupaten Tulungagung berlangsung meriah dan sesuai ekspektasi yang diharapkan.

    "Target utama pelaksanaan kegiatan ini [POR SD] adalah untuk mencari bibit-bibit olahragawan berprestasi di Jatim," ujarnya.

    11 Cabang Olahraga
    Ada sebelas cabang olahraga yang dipertandingkan dalam POR SD se-Jatim tersebut. Kesebelas cabang olahraga tersebut adalah pencak silat, bulu tangkis, panahan, senam artistik, atletik, catur, bola voli mini, sepak takraw, tenis meja, tenis lapangan, serta renang.

    Dari sebelas cabang olahraga itu, lanjut Haris, lima cabang yang disebut pertama merupakan olahraga prioritas yang menjadi atensi pembinaan karena acap kali menjadi lumbung prestasi saat berlaga di kegiatan olahraga dengan kasta yang lebih tinggi, mulai dari O2SN, pekan olahraga nasional, hingga Sea Games maupun lainnya. "Bulu tangkis yang dulu tidak mendapat medali emas, pada PON lalu Jatim bisa menyabet tiga medali emas. Itu berkat pencarian bibit olahragawan berprestasi seperti POR SD maupun Porda [Pekan Olahraga Daerah] Jatim," klaimnya.

    Dari sebelas cabang olahraga yang dipertandingakan dalam POR SD se-Jatim 2015 itu, panitia penyelenggara dari Dispora Jatim menyediakan medali sebanyak 92 emas, 92 perak dan 110 perunggu. Surabaya sejauh ini masih diunggulkan sebagai peraih juara umum, disusul Kabupaten Malang, Gresik dan Jember.



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.