RAMADAN 2017 : Ribuan Orang Berziarah ke Makam Kyai Besari di Jetis Ponorogo

RAMADAN 2017 : Ribuan Orang Berziarah ke Makam Kyai Besari di Jetis Ponorogo Dua orang berziarah di lokasi Makam Agung Kyai Ageng Muhammad Besari di Desa Tegalsari, Kecamatab Jetis, Ponorogo, Jumat (9/6/2017). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

    Ramadan 2017, ribuan peziarah kunjungi Makam Kyai Muhammad Besari saat Bulan Puasa.

    Madiunpos.com, PONOROGO -- Makam Agung Kyai Ageng Muhammad Besari yang ada di Desa Tegalsari, Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo, merupakan salah satu tempat yang banyak dikunjungi peziarah. Setiap hari puluhan orang mendatangi tempat ini untuk berziarah. Saat Ramadan, jumlah peziarah bertambah hingga ratusan orang setiap hari.

    Pantauan Madiunpos.com di lokasi, Jumat (9/6/2017), sejumlah orang terlihat silih berganti mendatangi makam salah satu penyebar agama Islam di Ponorogo itu.

    Ketua Yayasan Kyai Ageng Muhammad Besari, Kunto Pramono, 58, mengatakan saat Ramadan pengunjung makam Kyai Ageng Muhammad Besari semakin ramai. Peziarah akan semakin banyak pada saat 10 hari sebelum Lebaran, khususnya pada tanggal 21, 23, 25, 27, dan 29 Ramadan.

    Pada tanggal itu, biasanya ribuan umat Islam dari berbagai daerah datang ke makam itu untuk berziarah. Mereka juga berzikir serta salat qiyamullail di masjid samping makam.

    Pada hari biasa selain bulan Ramadan, makam Kyai Besari juga tidak pernah sepi dari pengunjung. Apalagi saat malam Jumat Kliwon juga ada kegiatan yang menyedot ribuan peziarah dari berbagai daerah.

    "Makam Kyai Besari ini selalu ramai dikunjungi warga. Saat Bulan Puasa, peziarah semakin banyak, paling banyak saat malam hari," ujar dia saat ditemui Madiunpos.com, Jumat.

    Kunto menyampaikan saat ini pengurus yayasan juga sedang mempersiapkan tempat untuk kegiatan malam 21 Ramadan. Hal ini karena pada kegiatan ini jamaah bisa mencapai halaman masjid hingga ke perkampungan warga.

    "Nanti saat malam selikuran sangat ramai, sampai ke halaman masjid biasanya," ujar dia.

    Selain berkunjung ke makam Kyai Besari, peziarah juga beribadah di Masjid Jami' Tegalsari yang bersebelahan dengan lokasi makam.

    Seorang peziarah, Habibi, mengatakan datang ke Masjid Tegalsari untuk beribadah dan kemudian melanjutkan berziarah di makam Kyai Besari. Dia mengaku sudah beberapa kali berziarah di makam ini.

    "Ini ke Tegalsari bersama teman, mau salat dan berziarah. Karena Kyai Muhammad Besari adalah salah satu tokoh penyebar agama Islam di Ponorogo," ujar dia.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.