Rencana Gus Ipul Maju di Pilkada Pasuruan Terganjal PKPU

Rencana PKB mengajukan Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) di Pilkada Pasuruan kemungkinan terganjal PKPU.

Rencana Gus Ipul Maju di Pilkada Pasuruan Terganjal PKPU Mantan Gubernur Jatim dua periode, Syaifullah Yusuf (Gus Ipul). (Twitter/@gusipul_ID)

    Madiunpos.com, PASURUAN -- Pilkada Pasuruan 2020 kabarnya bakal diramaikan oleh dua tokoh nasional, yakni mantan Wakil Gubernur Jatim, Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) dan musisi Ahmad Dhani.

    Ahmad Dhani kabarnya bakal diusung Partai Gerindra. Sementara Gus Ipul akan dimajukan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Namun, ada kemungkinan majunya Gus Ipul di Pilkada Pasuruan tak bisa terlaksana karena terbentur Peraturan KPU (PKPU).

    Ketua KPU Kota Pasuruan, Royce Diana Sari, mengatakan dalam Pasal 4 ayat (1) PKPU tahun 2020 membatasi mantan wakil gubernur untuk mencalonkan diri pada pilkada di bawahnya yakni pemilihan bupati dan wali kota.

    Dibuat dari Emas 23 Karat, Ini Uang Edisi Khusus Paling Fenomenal

    “Hingga saat ini, kami masih memegang Pasal 4 ayat 1 PKPU tahun 2020 yang belum ada perubahan. Namun jika sudah menerima salinan perubahan PKPU, segera mungkin kami (KPU) akan melakukan sosialisasi terutama kepada partai politik di wilayah Kota Pasuruan,” katanya, Selasa (18/8/2020).

    Dia mengatakan sosialisasi tersebut penting dilakukan untuk proses tahapan pendaftaran calon dukungan partai politik yang akan dimulai 4-6 September agar partai politik yang akan mengusung calonnya mengetahui tata cara pencalonan dan syarat calon dari jalur partai politik.

    “Melalui sosialisasi ini, kami berharap semua pihak memahami mekanisme pencalonan kepala daerah terutama terkait dengan PKPU yakni, Pasal 4 ayat 1 PKPU tahun 2020 yang membatasi seorang mantan wakil gubernur untuk mencalonkan diri pada pilkada di bawahnya yakni pilkada bupati dan wali kota,” ujarnya.

    Kisah Arrohma, Penyandang Disabilitas yang Hobi Mendaki Gunung

    Terkait isu akan majunya Ahmad Dhani di Pilkada Pasuruan belakangan dibantah sendiri oleh suami Mulan Jameela itu. Melalui media sosial, ia membantah kabar tersebut dengan menyebutnya hoaks.

     

    Artikel berita ini telah tayang di iNews.id dengan judul "Gus Ipul Terancam Gagal Maju di Pilwalkot Pasuruan, Ini Penyebabnya".



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.